Wako: Dai Sampaikan Dakwah Melekat pada Masyarakat

id Ramlan Nurmatias, Himpunan, Dai, Mubaligh, Bukittinggi

Wako: Dai Sampaikan Dakwah Melekat pada Masyarakat

Kegiatan pengukuhan pengurus Himpunan Dai dan Mubaligh Kota Bukittinggi, Selasa (14/3). (ANTARA SUMBAR/Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), M Ramlan Nurmatias mengharapkan Himpunan Dai dan Mubaligh setempat dapat menyampaikan dakwah yang melekat pada masyarakat.

Hal itu ia sampaikan usai pelantikan pengurus Himpunan Dai dan Mubaligh Bukittinggi periode 2016 sampai 2021 yang dilaksanakan di Bukittinggi, Selasa.

"Himpunan Dai dan Mubaligh merupakan mitra pemerintah di bidang keagamaan. Kami berharap para dai dapat menyampaikan ceramah yang melekat pada masyarakat, tidak sekadar didengar saja," katanya.

Ia menilai daerah itu sebagai tujuan perdagangan dan wisata, tidak dapat menghindari potensi masalah sosial yang mungkin terjadi karena ramainya kunjungan masyarakat.

Selain itu, melalui peran dai ia mengharapkan dapat membantu mengarahkan generasi muda dekat dengan ajaran agama sehingga terhindar dari perilaku menyimpang.

"Bagaimana pola berdakwah yang dilakukan, kami serahkan pada Himpunan Dai dan Mubaligh. Kami berharap dakwah yang disampaikan melekat pada masyarakat," ujarnya.

Ketua Himpunan Dai dan Mubaligh setempat, Yasril Ramadian mengatakan kehadiran organisasi itu akan mendukung program pemerintah setempat membentuk masyarakat yang dekat dengan agama.

Ia mengimbau para dai meningkatkan kompetensi dalam berdakwah dengan mendalami kitab-kitab standar, Al Quran dan hadis.

Menurutnya para dai harus mampu memperhatikan dampak dari kondisi perkembangan teknologi yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

"Dakwah yang disampaikan harus berupa suatu informasi yang menjawab masalah yang sedang dihadapi masyarakat saat ini. Setelah berdakwah hendaknya tidak meninggalkan masalah atau pertanyaan lain bagi masyarakat yang mendengar," katanya. (*)