KEIN: Pariwisata Sumbar Berdampak Positif Terhadap UMKM

id Dony Oskaria

KEIN: Pariwisata Sumbar Berdampak Positif Terhadap UMKM

Anggota Dewan Pengurus KEIN, Dony Oskaria. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Dewan Pengurus Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menilai pengembangan pariwisata di Sumatera Barat telah berdampak positif mendorong perekonomian terutama dalam bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKMK).

Anggota Dewan Pengurus KEIN, Dony Oskaria dalam Rapat Koordinasi dan Workshop Percepatan Pengembangan Pariwisata Sumbar di Padang, Selasa, mengatakan pengelolaan pariwisata yang baik telah ikut mengembangkan UMKM yang ada.

"Dampak dari kemajuan pariwisata itu terlihat dari muncul dan berkembangnya industri oleh-oleh, industri rumah tangga, homestay dan lain sebagainya," katanya.

Ia mengatakan untuk kemajuan yang lebih pesat pemerintah daerah seharusnya membuat sebuah kerangka kerja yang akan menjadi acuan dalam pengembangan pariwisata.

Salah satu poin dalam kerangka kerja itu ialah membangun dan memberdayakan bisnis lokal di setiap lokasi yang dijadikan destinasi unggulan bagi para wisatawan.

Menurutnya pada setiap destinasi wisata ada kearifan lokal dan daya tarik sendiri, dan hal ini hendaknya diakomodir untuk membangun bisnis berbasis masyarakat.

"Untuk daerah Pariangan Tanah Datar misalnya, sebagai desa terindah di dunia hendaknya kearifan lokal yang ada diberdayakan, seperti mengenakan pakaian tradisional bagi masyarakat dan juga wisatawan," kata dia.

Sementara itu pengamat pariwisata Sumbar, Andrinov Chaniago mengatakan pengembangan pariwisata yang baik nantinya akan memberikan peluang yang besar bagi masyarakat dan pelaku usaha.

Menurutnya peluang itu di antaranya adalah terbukanya lapangan kerja, peluang untuk didirikannya UMKM serta peluang untuk meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

"Dari pariwisata ini nantinya akan berpeluang didirikannya lebih kurang 4.000 UMKM dan industri rumah tangga di Sumbar," katanya. (*)