Forum OPD Tanah Datar Bahas Musrenbang Kecamatan

id forum OPD, Tanah Datar

Forum OPD Tanah Datar Bahas Musrenbang Kecamatan

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi membuka acara Forum Organsasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membahas hasil Musrenbang tingkat kecamatan di Batusangkar, Senin (13/3) (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) membahas program dan kegiatan hasil musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) di tingkat kecamatan.

"Forum OPD ini hendaknya dapat menyelaraskan program dan kegiatan berdasarkan usulan dalam Musrenbang tingkat kecamatan," kata Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi saat membuka acara Forum OPD di Batusangkar, Senin.

Ia menyebutkan Forum OPD ini juga dapat mempertajam indikator dan target kinerja program dan kegiatan yang akan dilaksanakan tahun anggaran 2018.

Ia mengharapkan antar OPD dapat bersinergi dalam pelaksanaan dan optimalisasi pencapaian sasaran sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

"Forum OPD ini dapat menjadi ajang untuk menghimpun dan melahirkan ide-ide cemerlang demi kemajuan pembangunan daerah," katanya.

Sementara Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra menyampaikan digelarnya Forum OPD ini dapat mengintegrasikan hasil Musrebang kecamatan ke dalam program pembangunan daerah.

"Dalam menyusun perencanaan pembangunan, kita harus memahami mekanisme dan prosedur yang berlaku, sehingga program bisa berjalan efektif, efesien dan profesional," katanya.

Ia menyebutkan OPD dalam merencanakan pembangunan selain memperhatikan skala prioritas juga berpedoman kepada agenda pembangunan daerah dengan mencermati perkembangan ekonomi.

"Dalam forum ini diharapkan dapat menyelaraskan program hasil Musrenbang Kecamatan dengan OPD, mempertajam indikator dan juga menyelaraskan program pembangunan antar OPD," katanya. (*)