Ratusan Guru TPQ dan MDA Pasaman Ikuti Pelatihan SDM

id guru, pelatihan, pasaman

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Ratusan guru Taman Pendidikan Al Quran dan Madrasah Diniyah Awaliyah di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, mengikuti pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam memberikan materi pada Lembaga TPQ daerah itu.

Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama di Lubuk Sikaping, Senin, mengatakan saat ini keberadaan guru TPQ dan MDA sangat dibutuhkan dan menjadi perhatian utama pemerintah daerah setempat.

"Di tangan para guru agama inilah nasib generasi muda kita bergantung. Mulai dari kepribadian generasi muda, akhlak dan imannya," ujarnya.

Oleh sebab itu, katanya pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan ini sehingga dapat meningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para guru TPQ dan MDA dalam menghasilkan peserta didik yang cerdas dan baik.

"Selain itu, yang menjadi perhatian kami yakni kesejahteraan para guru agama ini. Melalui instansi terkait mereka nantinya akan mendapatkan bantuan tunjangan operasional dalam menjalankan tugasnya," katanya.

Menurutnya hal tersebut sesuai dengan visi dan misi pemerintah daerah setempat yakni menciptakan masyarakat Pasaman yang Agamis, sejahtera dan berbudaya.

Ia mengatakan TPQ dan MDA tersebut merupakan pendidikan non-formal keagamaan yang menjadikan Al Quran sebagai materinya harus diselenggarakan dalam suasana yang nyaman dan menyenangkan.

"Saya berharap, pelatihan ini dapat memberikan sumbangsih demi perbaikan karakter generasi masa depan bangsa menuju yang lebih baik," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Pasaman Edi Erman mengatakan dunia pendidikan saat ini menuntut seorang guru yang profesional di bidangnya maka dengan pelatihan tersebut diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di setiap TPQ dan MDA.

"Melalui pelatihan ini mudah-mudahan peserta dapat memperoleh ilmu serta informasi terbaru tentang pembelajaran, untuk kemudian diterapkan dan dilaksanakan di tempat tugasnya masing-masing," katanya.

Jika para guru TPQ dan MDA ini sudah terlatih, katanya maka akan menjadikan anak didik yang terlatih juga. (*)