450 Pejabat Eselon III dan IV Tanah Datar Tes Urine

id tes urine, ASN, Tanah Datar

450 Pejabat Eselon III dan IV Tanah Datar Tes Urine

Seorang staf BNNP Sumbar sedang memeriksa urine pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemkab Tanah Datar di Gedung Nasional Maharajo Dirajo, Senin (13/3). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat melakukan tes urine kepada 450 pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di daerah itu.

"Tes urine ini merupakan program prioritas Pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba bagi para aparatur sipil negara (ASN)," kata Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat rapat kerja dengan seluruh pejabat Eselon II, III, dan IV di Batusangkar, Senin.

Ia menyebutkan pelaksanaan tes urine secara mendadak usai acara rapat kerja ASN dan pertemuan forum organisasi perangkat daerah ini bekerja sama dengan BNNP Sumbar.

"Kita tidak ingin ada pejabat yang tersangkut kasus narkoba di Tanah Datar. Melalui tes urine ini akan diketahui apakah ada yang pengguna atau tidak," katanya.

Ia menegaskan ke depan seluruh ASN Tanah Datar akan dilakukan tes urine secara bertahap karena anggaran yang dibutuhkan cukup besar.

Ia menjelaskan selain semangat pemberantasan narkoba, tes urine itu juga mengutamakan pembinaan terhadap ASN dimana pejabat yang terindikasi menggunakan narkoba, tidak langsung diproses secara hukum, tetapi diutamakan untuk dibina dengan rehabilitasi.

"Namun kalau ada yang terlibat dalam jaringan narkoba dan pengedar, akan kita tindak tegas dan proses secara hukum," katanya.

Kepala Bidang Rehabilitasi BNNP Sumbar, Suryadi Boy mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemkab Tanah Datar dalam memberantas penyalahgunaan narkoba dengan melaksanakan tes urine dikalangan ASN.

"Saat ini narkoba sudah menjerat seluruh kalangan tidak terkecuali para aparatur pemerintahan. Oleh karena itu tes urine ini merupakan langkah bagus untuk meminalisir penyalahgunaan narkoba," katanya.

Ia menyebutkan tujuan utama dari tes urine ini untuk memastikan ASN tidak terlibat penyalahgunaan narkoba. (*)