Pengamat : Pemprov Sumbar Harus Siapkan Destinasi Unggulan

id Wisata

Pengamat : Pemprov Sumbar Harus Siapkan Destinasi Unggulan

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Padang, (Antara Sumbar) - Pengamat Pusat Kajian Pariwisata Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat, Sari Lenggogeni mengatakan Pemerintah Provinsi harusnya menyiapkan beberapa destinati unggulan untuk pariwisata Sumbar.

"Di Sumbar seharusnya sudah ada destinasi-destinasi unggulan yang akan menjadi prioritas wisatawan dan kemudian dilanjutkan dengan menentukan destinasi pendukung," katanya di Padang, Minggu.

Ia mengatakan untuk menjadi destinasi unggulan harus ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh setiap kabupaten kota.

Menurutnya adalah untuk bisa menjadi destinasi unggulan salah satu syaratnya adalah adanya kesiapan infrastruktur penunjang serta kelengkapan sarana dan prasarana.

"Ada banyak faktor sebenarnya untuk menetapkan sebuah destinasi unggulan, di antaranya adalah penginapan serta destinasi yang akan menjadi tujuan wisata," katanya.

Ia menambahkan untuk saat ini Padang merupakan salah satu lokasi yang dinilai pantas sebagai destinasi unggulan, hal ini terlihat dari perkembangannya yang begitu pesat.

"Untuk dua tahun terakhir terjadi perubahan yang pesat, Padang sudah mulai fokus untuk mengembangkan potensi pariwisata yang dimiliki," kata dia.

Sementara itu salah seorang anggota DPRD Sumbar, HM Nurnas mengatakan kewenangan dalam mengelola destinasi wisata sebenarnya ada pada masing-masing kabupaten kota.

Akan tetapi pihak kabupaten kota juga harus berkoordinasi dengan pihak provinsi terkait promosi dan pengembangan pariwisata yang ada.

"Pihak kabupaten kota hendaknya juga harus berkoordinasi dengan pihak provinsi agar event budaya yang ada bisa dijadikan sebagai agenda wisata provinsi," katanya. (*)