DPRD Sumbar :Daerah Harus Kreatif Kelola Pariwisata

id DPRD Sumbar

DPRD Sumbar :Daerah Harus Kreatif Kelola Pariwisata

Kantor DPRD Sumbar. ( )

Padang, (Antara Sumbar) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat megharapkan seluruh kabupaten dan kota dapat lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola pariwisata di daerah masing-masing.

Anggota DPRD Sumbar, Rahayu Purwanti di Padang, Minggu, mengatakan salah satu kendala dalam pariwisata saat ini adalah kurangnya kreatifitas dan inovasi dalam pengelolaan.

"Untuk memajukan pariwisata maka SDM pada instansi-instansi terkait harus lebih kreatif dalam mengelola potensi yang ada," katanya.

Ia mengatakan Sumbar memiliki potensi yang besar dalam bidang pariwisata, baik itu wisata alam, wisata kuliner dan juga ae wisata budaya.

Menurutnya apabila pengelolaan berjalan baik dan dilakukan secara maksimal maka banyak pihak yang akan diuntungkan, terutama masyarakat.

"Hingga saat ini sektor pariwisata belum menjadi penyumbang terbesar untuk PAD Sumbar, nantinya dengan pengelolaan yang baik diharapkan dapat meningkatkan PAD provinsi," kata dia.

Ia menambahkan saat ini untuk destinasi-destinasi wisata yang ada pada tiap kabupaten kota belum sepenuhnya difasilitasi dengan baik oleh pemerintah.

"Pemerintah belum sepenuhnya menfasilitasi segala infrastruktur pada destinasi wisata, hal ini harusnya menjadi perhatian penting," katanya.

Senada Direktur Pusat Kajian Pariwisata Universitas Andalas (Unand) Padang, Sari Lenggogeni mengatakan pengembangan pariwisata di Sumbar masih terkendala kurangnya inovasi dan kreatifitas.

"Sebagai pemangku kepentingan tentu kita mengembalikannya kepada dinas terkait, akan tetapi seluruh unsur yang terlibat dengan pariwisata juga harus ikut berpartisipasi dalam pengembangan ini," katanya. (*)