Pemkab : Festival Langkisau Tingkatkan Popularitas Objek Wisata

id Festival Langkisau

Pemkab : Festival Langkisau Tingkatkan Popularitas Objek Wisata

PAINAN, 9/6 - Seorang peserta paralayang terbang di atas laut setelah lepas landas dari puncak Langkisau pada Festifal Langkisau ke-10 di Painan, Kab.Pesisir Selatan, Sumbar, Sabtu (9/6). Kejuaraan paralayang tersebut diikuti sekitar 73 para glider dari berbagai daerah di Indonesia yang berlangsung selama dua hari. FOTO ANTARA/Maril Gafur/ed/ama/12/wij. ()

Oleh Agung Pambudi

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengharapkan penyelenggaraan Festival Langkisau pada 16 hingga 22 April 2017 mampu meningkatkan popularitas objek wisata daerah setempat.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Pesisir Selatan Hasrul Sani di Painan, Sabtu, mengatakan pada Festival Langkisau akan digelar beberapa perlombaan, di antaranya voli pantai, pawai budaya, burung berkicau, menggiling cabai, dan bazar.

"Festival yang akan diselenggarakan merupakan yang keempatbelas, mudah-mudahan dengan kegiatan ini kunjungan wisatawan meningkat dan pastinya sejalan dengan meningkatnya popularitas objek wisata," katanya.

Selain beberapa perlombaan yang menyemarakkan kegiatan, wisatawan yang berkunjung tentu juga akan dihibur dengan keindahan Pantai Carocok dan Puncak Langkisau.

"Selain menikmati karang, ikan kecil, serta permainan air di Pantai Carocok, wisatawan juga akan dimanjakan oleh pemandangan Samudera Hindia di Puncak Langkisau," kata Hasrul.

Ia mengatakan Festival Langkisau merupakan agenda tahunan dan sesuai rencana pada kegiatan kali ini akan dibuka oleh Menteri Pariwisata RI Arif Yahya.

Anggota DPRD kabupaten setempat, Dalisman, mendorong pemerintah kabupaten terus berinovasi menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mendongkrak popularitas pariwisata daerah itu.

"Beberapa festival telah dilaksanakan dan kami mendorong selain terus menyelenggarakannya tentu juga dibutuhkan inovasi sehingga tidak terkesan monoton," katanya.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraannya sehingga wisatawan yang berkunjung menjadi nyaman. (*)