Pemkab Solok Fokus Benahi Tiga Objek Wisata

id Objek Wisata

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat akan fokus membenahi penataan sarana dan prasarana di tiga objek wisata pada 2017 guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kepala Seksi Pengelolaan dan Pengendalian Kepariwisataan Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Azis Khan di Arosuka, Jumat, mengatakan tiga objek wisata itu adalah Danau Singkarak dan sekitarnya, danau kembar dan sekitarnya, dan Taman Hutan Wisata Kota (THWK).

Ia menjelaskan untuk Danau Singkarak, selain membenahi fasilitas yang sudah ada, seperti lahan parkir juga akan dilakukan pemasangan lampu taman, penanaman pohon, pemasangan bangku taman dan perbaikan toilet.

Untuk Danau Kembar akan melakukan pembenahan pada convention hall, dermaga kayu, tempat bermain anak akan dipindahkan ke dekat danau, listrik yang belum merata, pemasangan lampu taman, akan dibuat sarana permainan outbond dan wahana air.

"Sedangkan untuk THWK akan dilanjutkan pembangunan yang masih belum selesai," katanya.

Ada juga objek wisata alam baru Batu Galeh di Kecamatan X Koto Diatas yang akan dilakukan pembangunan gerbang dan gazebo.

Ia menyebutkan bahwa di Kabupaten Solok terdapat sekitar 190 objek wisata, ada yang baru ditemukan dan ada yang baru sebagian tersentuh. Dan lebih dari separuhnya merupakan objek wisata yang dikelola masyarakat.

"Dari 74 nagari yang ada di Kabupaten Solok, hampir di setiap nagari memiliki objek wisata, tapi terkendala akses menuju ke beberapa daerah tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan masih banyak jalan yang belum memadai untuk menuju beberapa lokasi wisata yang lokasinya terlalu jauh dari pusat kabupaten dan masih kurangnya tersedia tempat makan yang bagus.

Selain itu, juga perlu dilakukan pembinaan serta sosialisasi kepada masyarakat yang berada di sekitar kawasan wisata agar dapat berlaku ramah dan menyenangkan kepada para wisatawan sehingga meninggalkan kesan yang baik.

"Pada tahun ini, Pemkab memang memberikan perhatian penuh untuk pengembangan pariwisata, apalagi setiap tahun ada peningkatan wisatawan yang berkunjung," katanya.

Sementara kunjungan wisatawan pada 2016 mencapai 378.601 wisatawan dengan jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 422, dan wisatawan nusantara sebanyak 378.177 orang pada 15 Objek wisata.

Ia merinci kunjungan wisatawan di Alahan Panjang Resort mencapai 48.883 orang, Dermaga Danau Diateh mencapai 16.154 orang, Panorama danau Dibawah 21.715 orang, Dermaga Danau Singkarak 147.381 orang, Teluk Indah Kacang sebanyak 82.112 kunjungan.

Objek Wisata Katapiang Indah Tikalak sebanyak 1.857 orang, Sitinjau Danau Tanjuang Alai sebanyak 979 orang, Pincuran Ruyung Aripan 741 orang, Angin Berembus Aripan 18.687 wisatawan, Borobudur Aripan sebanyak 9.233 orang.

Kawasan Wisata Air Panas Padang Balimbiang 983 orang, Rest Area Kacang 10.041 kunjungan, Vila Puruak Saniang Baka 703 orang, Pendakian Gunung Talang 17.993 orang, dan THWK sebanyak 1.139 orang. (*)