Polda Upayakan Pembangunan Polsek Seluruh Kecamatan Dharmasraya

id Fakhriza

Polda Upayakan Pembangunan Polsek Seluruh Kecamatan Dharmasraya

Kapolda Sumbar Brigjen Pol Fakhrizal.

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Sumbar) akan mengupayakan pembangunan seluruh Kepolisian Sektor (Polsek) di kecamatan Kabupaten Dharmasraya sebagai upaya untuk mengoptimalkan pelayan kepada masyarakat.

"Iya kami sudah mendapat laporan dari Kapolres, termasuk Dharmasraya. Nanti akan diusulkan ke Mabes Polri," kata Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Fakhriza saat di konfirmasi dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Dharmasraya, di Pulau Pulau Punjung, Jumat.

Usulan pembangunan Markas Polsek (Mapolsek) tidak hanya di Dharmasraya, namun seluruh kecamatan di Sumbar yang belum ada kapolseknya akan diusulkan ke Markas Besar (Mabes) Polri.

Ia menyebutkan keberadaan polsek di setiap kecamatan dinilai penting untuk menjawab pemerataan pelayan sehingga masyarakat merasa terlayani dengan cepat.

"Itu penting, namun kita usulkan ke Mabes Polri terlebih dahulu," katanya.

Di sisi lain, ia melanjutkan Polda Sumbar juga akan mengupayakan penambahan personel mengingat saat ini baru sekitar 50 persen personel yang terisi di setiap Polres dari jumlah ideal.

Menurutnya penambahan personel secepatnya akan dilakukan mengingat berapa waktu lalu sekitar 245 bintara dilantik di lingkungan Polda Sumbar.

"Jadi polanya, personel lama akan ditempatkan di Polres, sedangkan 245 bintara ini terlebih dahulu akan berada di Markas Polda," ujarnya.

Sementara itu Kapolres Dharmasraya, AKBP Lalu Muhamad Iwan Mahardan mengungkapkan, di wilayah hukumnya saat ini hanya memiliki empat Mapolsek dari 11 kecamatan di daerah itu.

"Sudah jauh hari disampaikan ke Polda, kami tentu berharap pihak Polri dapat melihat kekurangan ini dan segara menindaklanjutinya," katanya. (*)