Seleksi Hakim Konstitusi Masuki Tahap Berikutnya

id Seleksi, Hakim, Konstitusi

Seleksi Hakim Konstitusi Masuki Tahap Berikutnya

Mahkamah Konstitusi.

Jakarta, (Antara Sumbar) - Sebanyak dua belas orang calon Hakim Konstitusi yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan memasuki seleksi tahap berikutnya, untuk menggantikan jabatan hakim konstitusi yang sebelumnya diduduki oleh Patrialis Akbar.

"Sudah ada pengumumannya, dua belas orang ini lolos seleksi administrasi dan penilaian karya tulis berupa eksaminasi putusan Mahkamah Konstitusi (MK)," ujar anggota Panitia Seleksi (Pansel) Hakim Konstitusi Sukma Violetta ketika dihubungi di Jakarta, Jumat.

Sukma menjelaskan dua belas orang yang lolos ini akan menjalani seleksi berupa pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto Jakarta pada 14 Maret 2017.

"Pada tahapan ini Pansel Hakim Konstitusi juga akan mengolah masukan-masukan serta informasi tentang para calon yang didapat dari masyarakat," lanjut Sukma.

Sukma kemudian menjelaskan calon yang lolos seleksi kesehatan akan mengikuti wawancara terbuka di ruang Serbaguna Kementerian Sekretariat Negara pada 27 dan 29 Maret 2017.

Pansel bertugas mencari 3 orang yang salah satunya akan dipilih Presiden Joko Widodo sebagai pengganti Patrialis Akbar.

Nama tiga orang itu akan diserahkan kepada Presiden pada 31 Maret. Presiden punya waktu 7 hari setelah 31 Maret untuk menetapkan hakim MK definitif. (*)