Agam Bantu Korban Banjir-Longsor Limapuluh Kota

id longsor, banjir, limapuluh kota

Agam Bantu Korban Banjir-Longsor Limapuluh Kota

(ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyalurkan bantuan kepada korban banjir dan longsor yang terjadi pada beberapa kecamatan di wilayah Limapuluh Kota.

Sekretaris Dinas Sosial Agam Asfialdi di Lubuk Basung, Kamis, mengatakan bantuan yang bakal diserahkan itu berupa uang sebesar Rp100 juta dari Bazanas Agam, pakaian dua goni, beras sebanyak satu ton, air mineral 50 dus, mie instan 30 dus, cabai 30 kilogram dan lainnya.

"Bantuan ini merupakan sumbangan dari aparatur sipil negara dan Baznas Agam," katanya.

Ia menambahkan bantuan ini bakal diserahkan langsung oleh Bupati Agam Indra Catri ke posko utama di kantor Camat Pangkalan untuk kemudian disalurkan oleh pihak setempat ke daerah-daerah lain yang juga terkena bencana dan warganya membutuhkan bantuan.

Saat ini, katanya bantuan tersebut sedang dalam perjalanan menuju lokasi dan beberapa jam akan sampai ke posko.

Sebelumnya, Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, juga menyerahkan bantuan air mineral, mie instan, beras dan lainnya.

Bupati Agam Indra Catri, menambahkan bantuan ini bentuk kepedulian terhadap saudara yang sedang mengalami kesulitan.

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa mengurangi beban mereka," katanya.

Sebelumnya, bencana banjir dan longsor melanda beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota, pada Jumat (3/3) dini hari, akibat hujan deras yang menguyur daerah tersebut.

Pada Jumat (3/3), tercatat sebanyak 23 titik banjir dan longsor di wilayah itu. Ke 23 titik banjir dan longsor dengan rincian, 13 titik longsor di Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kecamatan Bukit Barisan dan Kecamatan Harau.

Selanjutnya 10 lokasi banjir terdapat di wilayah Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kecamatan Kapur IX, Kecamatan Suliki, Kecamatan Mungka dan Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Turun mendampingin bupati saat menyerahkan bantuan itu yakni, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Yosefriawan, Ketua Baznas Agam Eldi Zein, Kepala BPBD Agam Bambang Warsito, Sekretaris Dinas Sosial Asfialdi dan lainnya. (*)