Sumbar Andalkan Dua Cabang di Peparnas 2020

id Peparnas, Atlet, Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Sumatera Barat (Sumbar) mengandalkan dua cabang untuk meraih medali emas pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) di Papua 2020, yakni atletik dan renang.

"Pada tahun lalu atletik dan renang menjadi primadona peraih emas, maka dari itu untuk 2020 kedua cabang itulah yang menjadi peluang bagi kami untuk mengulang sejarah tersebut," kata Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Rafli Efendi di Padang, Rabu.

Ia menerangkan pihaknya akan mempersiapkan atlet paralimpik yang saat ini baru lolos pada pekan olahraga paralimpik tingkat provinsi.

"Dari pantauan kami dari kedua cabang tersebut mempunyai atlet-atlet yang bisa bersaing dengan atlet provinsi lainnya, tentunya ini harus dibarengi dengan latihan yang rutin," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk ketiga cabang lainnya tidak menutup kemungkinan membuka peluang emas.

"Kami akan berusaha membina mereka, dengan memberi instruksi kepada guru pembina dan juga pelatih dari setiap cabang tersebut," ujarnya.

Ia melanjutkan nantinya juga pihaknya akan mengadakan "training camp" (TC) untuk atlet tersebut.

"Namun penyelenggaraan TC tersebut disesuaikan dengan jadwal Peparnas, karena pemusatan latihan akan dilakukan berdekatan dengan hari pelaksanaan pekan olahraga itu," katanya.

Dispora Sumbar mengadakan pekan olahraga Paralimpik bagi atlet berkebutuhan khusus yang berasal dari Sekolah Luar Biasa (SLB) se-provinsi itu yang digelar dari 6 hingga 9 Maret 2017.

Event ini bertujuan selain untuk penyalur bakat bagi atlet juga sebagai ajang pencarian bibit atlet berprestasi yang nantinya akan dipertandingkan pada tingkat nasional. (*)