Presiden Jokowi Terima Kunjungan Presiden Sri Lanka

id Joko widodo

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Presiden Sri Lanka

Presiden RI, Joko Widodo. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Presiden Joko Widodo telah menerima kunjungan kenegaraan Presiden Sri Lanka Maithiripala Sirisena di Istana Merdeka untuk memperkuat kerja sama di sejumlah bidang, antara lain sektor kemaritiman.

Menurut pantauan Antara di istana tersebut pada Rabu, Sirisena tiba di istana pada sekitar pukul 10.00 WIB dan disambut puluhan siswa siswi SD berpakaian tradisional adat di Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, kedua kepala negara melakukan diskusi beranda atau "veranda talk" di halaman Istana Merdeka dengan pemandangan halaman tengah istana menghadap ke utara.

Jokowi mengenakan setelan jas berwarna biru berdasi merah sedangkan Sirisena mengenakan pakaian nasional Sri Lanka berwarna putih.

Usai agenda tersebut, keduanya memimpin pertemuan bilateral antara sejumlah menteri kedua negara.

Dalam jumpa pers bersama, Jokowi mengatakan kunjungan Presiden Sirisena ke Indonesia merupakan yang pertama kalinya dilakukan sejak kunjungan terakhir 41 tahun lalu.

"Kunjungan ini menjadi lebih khusus karena tahun ini adalah 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Srilanka," ujar Jokowi.

Presiden menegaskan Indonesia siap mendukung pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh Sri Lanka.

Tindak lanjut kesiapan itu akan dilakukan dengan membuat "Free Trade Agreement".

"Yang ke-2 di bidang demokrasi, kita sepakat untuk meningkatkan kerja sama melalui pertukaran pengalaman dan peningkatan kapasitas," ujar Presiden.

Kedua kepala negara juga menutup kunjungan dengan makan siang bersama. Para delegasi dan menteri juga turut serta dijamu di Istana Negara.

Rencananya, Presiden Sirisena akan kembali ke Ibu Kota Sri Lanka Colombo pada Rabu sore.

Sirisena juga telah mengikuti kegiatan KTT IORA 2017 di Balai Sidang Jakarta yang menghasilkan Jakarta Concord yang menekankan kerja sama di bidang pemberantasan terorisme dan tindak kekerasan. (*)