Solok Selatan Bantu Korban Banjir Limapuluh Kota

id Basrial

Solok Selatan Bantu Korban Banjir Limapuluh Kota

Basrial. (Antara)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menyerahkan bantuan berupa makanan, minuman dan pakaian layak pakai serta selimut kepada korban banjir dan longsor di Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Sosial Solok Selatan, Basrial, di Padang Aro, Selasa, mengatakan bantuan disalurkan langsung kepada korban banjir setelah melapor ke posko bencana setempat.

Ia menyebutkan tim yang menyalurkan bantuan sudah berangkat dan kemungkinan sore ini sudah sampai.

"Kita berharap bantuan yang dikirimkan bisa meringankan beban korban banjir dan longsor di Limapuluh Kota dan mereka bisa memanfaatkannya sebaik-baiknya," kata dia.

Dia mengatakan Solok Selatan mengirimkan satu unit mobil tangki air guna memasok kebutuhan air bersih bagi korban banjir dan longsor.

Bagi korban banjir kata dia, pasti akan membutuhkan pasokan air bersih makanya Solok Selatan memutuskan mengirimkan satu unit mobil tangki, selain bantuan makanan, selimut, dan pakaian.

Untuk sembako kata dia, juga lengkap seperti makanan kaleng, mie instan, beras, minyak goreng dan roti. Juga ada perlengkapan wanita serta keperluan bagi balita.

"Kita pernah mengalami kejadian yang sama dan merasakan apa yang dialami warga Limapuluh Kota," kata dia.

Menurut dia, Solok Selatan dan Limapuluh Kota sama-sama daerah rawan bencana berupa banjir dan longsor.

Banjir melanda Nagari Pangkalan Kabupaten Limapuluh Kota sejak Jumat dini hari, dimana air mulai naik ke permukiman masyarakat sejak pukul 03.00 WIB.

Berdasarkan data yang dihimpun BPBD setempat, banjir dan longsor terjadi di 23 titik, dari 23 lokasi tersebut, 13 titik longsor dan 10 lokasi banjir.

Dari 13 titik longsor, tujuh di antaranya terjadi di Nagari Koto Alam dan satu titik di Sibunbun Nagari Tanjung Balik, Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Selain itu, tiga titik di Nagari Maek, Kecamatan Bukit Barisan, dua titik sebelum Kelok Sebilan, tepatnya di Air Putiah, Kecamatan Harau.

Banjir melanda 10 lokasi, di antaranya Nagari Sopang, Pangkalan, dan Gunuang Malintang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru. (*)