KTT IORA 2017 Dimulai

id IORA

KTT IORA 2017 Dimulai

IORA (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Konferensi Tingkat Tinggi Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA) 2017 yang digelar 5-7 Maret 2017, dimulai dengan rangkaian pertemuan pejabat tinggi (SOM).

Pada hari pertama KTT IORA di Jakarta, Minggu, para pejabat tingkat tinggi dari 21 negara anggota IORA telah hadir di Jakarta Convention Center untuk membahas sejumlah negosiasi yang akan dibawa ke pertemuan tingkat menteri pada hari kedua pelaksanaan KTT IORA 2017.

Penyelenggaraan IORA Summit 2017 kali ini bertema "Strengthening Maritime Cooperation for Peaceful, Stable, and Prosperous Indian Ocean" (Memperkuat Kerja Sama Maritim untuk Kawasan Samudera Hindia yang Damai, Stabil, dan Makmur).

Saat ini, IORA beranggotakan 21 negara yaitu Afrika Selatan, Australia, Bangladesh, Komoros, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambik, Oman, Persatuan Emirat Arab, Seychelles, Singapura, Somalia, Sri Lanka, Tanzania, Thailand dan Yaman.

Selain itu, IORA juga menggandeng tujuh negara mitra dialog, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Jerman, Mesir, Prancis dan China. Terdapat juga dua organisasi peninjau di IORA, yaitu "Indian Ocean Tourism Organization" (IOTO) dan "Indian Ocean Research Group" (IORG).

Rangkaian Pertemuan IORA didahului pertemuan tingkat pejabat tinggi pada 5 Maret, pertemuan tingkat menteri pada 6 Maret dan pertemuan tingkat tinggi atau KTT pada 7 Maret.

Sebanyak 16 VVIP, yaitu tingkat kepala negara seperti presiden, wakil presiden, atau perdana menteri, dipastikan akan hadir dalam KTT IORA tahun ini.

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dipastikan akan menghadiri KTT IORA tahun ini. (*)