4.566 Siswa SMP Kabupaten Solok Ikuti UNKP

id Ujian nasional

4.566 Siswa SMP Kabupaten Solok Ikuti UNKP

Ujian nasional. (Antara) ( )

Arosuka, (Antara Sumbar)- Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok menyatakan 4.566 orang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Solok akan mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) 2017.

"4.566 orang siswa tersebut terdiri dari 51 SMP dan 32 Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) dan Swasta (MTsS)," Kata Kepala Seksi Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Nila Kesumawati mewakili Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga setempat Zulkisar di Arosuka, Sabtu.

Ia merinci sebanyak 3.013 orang siswa dari SMP dan 1.553 siswa MTs Negeri maupun swasta.

Ia mengatakan bahwa persiapan sekolah-sekolah sudah hampir 75 persen, karena sekolah telah menghadapi beberapa kali simulasi. Dinas juga mengimbau sekolah-sekolah untuk rutin mengadakan pelajaran tambahan untuk pemantapan materi.

"Untuk UNKP akan ada dua orang pengawas di setiap lokal," katanya.

Selain itu, katanya nomor ujian siswa juga sudah keluar dan setiap lokal ujian hanya berisi maksimal 20 orang siswa.

"Kita tidak bisa mengadakan UNBK secara keseluruhan karena jumlah siswa yang banyak, dan belum semua sekolah komputernya memadai, apalagi yang daerahnya agak jauh yang tidak bisa menumpang ke sekolah lain," katanya.

Sementara itu, lanjutnya 1.486 siswa SMP dan MTs kabupaten Solok akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ia menyebutkan ada 5 titik kecamatan yang sekolahnya akan melaksanakan UNBK, yaitu Kecamatan Gunung Talang, Kecamatan Kubung, Kecamatan X Koto Diatas, kecamatan Lembang Jaya, dan Kecamatan X Koto Singkarak. ***4***