Indonesia akan Tambah Penerbangan ke Jeddah-Madinah

id Penerbangan, Jeddah, Madinah

Indonesia akan Tambah Penerbangan ke Jeddah-Madinah

Ilustrasi -tiket penerbangan.

Jakarta, (Antara Sumbar) - Maskapai penerbangan Indonesia akan menambah penerbangan dari Jakarta ke Jeddah dan Madinah dalam dua bulan ke depan.

"Ini merupakan upaya yang intensif kerja sama antara aviasi dari Indonesia dan Arab Saudi," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai rapat koordinasi pariwisata bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres di Jakarta, Jumat.

Budi mengatakan selama ini penerbangan dari Tanah Air ke Arab Saudi hanya 29 slot, namun menurut dia ke depan akan dibebaskan atau tidak terbatas (unlimited).

"Paling tidak bisa 40 flight satu minggu," ujar Budi Karya.

Sebaliknya juga disepakati bahwa lima kota di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar dan Medan akan tidak dibatasi untuk dikunjungi.

"Berikutnya adalah kita menambah tiga kota untuk dikunjungi selama tujuh kali satu hari yaitu Solo, Balikpapan dan Palembang. kita akan mendapat satu kota tambahan disana. Konsen saya adalah bagaimana mendapatkan unlimited yang di Jeddah dan Madinah," ujar Budi Karya.

Menurut dia, hal itu penting karena dibutuhkan banyak penerbangan untuk haji dan umroh sebab minat Muslim Indonesia untuk berwisata rohani maupun menunaikan rukun Islam yang kelima, yaitu naik haji sangat tinggi.

Sebelumnya dalam kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia menghasilkan 11 kesepakatan yang ditandatangani. (*)