Raja Salman Dipastikan Tidak Jumatan di Istiqlal

id Salman Bin Abdul Aziz Al Saud

Raja Salman Dipastikan Tidak Jumatan di Istiqlal

Salman Bin Abdul Aziz Al Saud. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Kepala Bagian Protokoler dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abd Salam memastikan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud tidak melaksanakan Salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat.

"Hingga detik ini belum ada pemberitahuan resmi baik dari protokoler kerajaan ataupun protokoler Kementerian Luar Negeri secara lisan dan tertulis bahwa Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud melaksanakan Salat Jumat di Masjid Istiqlal," ujar Abu Hurairah Abd Salam, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat.

Namun, pihak Masjid Istiqlal tetap melakukan antisipasi kehadiran Raja Salman di Masjid Istiqlal untuk menunaikan Salat Jumat.

"Apabila Raja Salman tiba untuk melaksanakan Salat Jumat di Istiqlal kami sudah siap. Persiapannya seperti kemarin waktu Raja Salman melakukan Salat Tahiyatul Masjid di Istiqlal. Fasilitas masih sama, lift, dan kamar mandi khusus," kata dia lagi.

Terkait pengamanan, ia mengatakan penjagaan dan pengamanan dari kepolisian dan TNI terus dilakukan di dalam dan sekitar Masjid Istiqlal.

"Aparat keamanan masih berjaga di sini. Perintah komandannya untuk tetap mengantisipasi baik dari Polri dan TNI," ujar dia.

Ia mengatakan kalau Raja Salman menunaikan Salat Jumat di Istiqlal, maka pengawalan ketat akan dilakukan oleh tim keamanan.

"Kalau Raja Salman jadi salat di sini yah seperti biasa membaur saja, namun kami memberikan kenyamanan pada Raja Salman. Kalau salaman nggak bisa karena pengawalan ketat," kata dia pula.

Aparat kepolisian dan TNI masih berjaga di dalam dan di sekitar kawasan Masjid Istiqlal.

Aden (35), warga Cianjur mengaku kecewa apabila Raja Salman tidak jadi menunaikan Salat Jumat di masjid terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

"Kecewa ya..kalau Raja Salman tidak Salat Jumat di sini karena saya bela-belain izin tidak masuk kerja," ujar dia pula. (*)