Sumbar Siapkan 43 Atlet Ikuti Popnas XIV

id Popnas, Atlet, Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan 43 atlet pelajar untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV di Semarang, Jawa Tengah, September 2017.

"Ke-43 atlet tersebut merupakan peraih medali emas pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) tahun lalu di Riau," kata Kepala Bidang Olahraga Dispora Sumbar, Rafli Efendi di Padang, Kamis.

Ia menjelaskan untuk sementara masih berjumlah 43 atlet yang akan diikutsertakan dalam Popnas mendatang. Karena yang pihaknya biayai hanya atlet peroleh emas, sedangkan peraih perak dan perunggu belum terdata sebab mereka memakai dana pribadi.

"Kami hanya menganggarkan biaya yang meraih emas saja, itu sudah ketentuan dari setiap pusat," ujarnya.

Ia mengatakan cabang olahraga yang sudah mengantongi tiket Popnas 2017 adalah sepak bola, basket, dan pencak silat.

"Sementara Sumbar baru memastikan tiga cabang olahraga yang akan diikuti pada Popnas XIV Jateng mendatang," sebutnya.

Sedangkan, cabang olahraga sepak takraw, bola voli, tenis lapangan, dan bulu tangkis merupakan cabang yang belum pasti diikuti Sumbar karena belum adanya atlet yang mendaftar dari cabang-cabang tersebut.

"Karena pendaftaran atlet ada yang melalui jalur mandiri, jadi kami masih menunggu kesediaan atlet yang meraih perak dan perunggu untuk mengisi kekosongan tersebut," katanya.

Ia mengemukakan tidak akan membebani para atlet dengan target perolehan medali namun mengharapkan mereka tampil maksimal sesuai kemampuan yang dimiliki sebagai bahan evaluasi program latihan.

"Setiap atlet memiliki obsesi menjadi juara namun dapat diwujudkan dengan latihan keras," ujarnya. (*)