UNP Imbau Calon Mahasiswa Abaikan Calo

id UNP, mahasiswa, baru, calon

UNP Imbau Calon Mahasiswa Abaikan Calo

Gerbang UNP. (www.panoramio.com)

Padang, (Antara Sumbar) - Pejabat Humas Univeristas Negeri Padang (UNP) Novi Elvida, Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau agar calon mahasiswa mengabaikan jika ada yang mengiming-imingi bantuan dan menjanjikan (calo) untuk bisa diterima di kampus itu.

"Sesuai dengan instruksi Rektor UNP Ganefri, tidak ada yang namanya kuota jatah rektor, jatah dekan, dosen, dan lain-lain. Jadi jangan percaya kalau ada yang mengiming-imingi akan membantu," katanya di Padang, Kamis.

Apalagi, ujarnya jika oknum yang mengiming-imingi itu meminta imbalan berupa uang ataupun sesuatu lainnya.

Novi mengharapkan para calon mahasiswa bisa percaya dengan kemampuan sendiri.

"Cukup percaya dengan kemampuan sendiri, jalani setiap tahapan yang ada, bekali diri untuk menghadapi tes, jangan percaya kepada yang lain-lain (calo)," katanya.

Pada bagian lain, ia juga menerangkan pada 2017 UNP masih membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui prestasi yang ada pada Jalur Mandiri.

Jalur prestasi dibuka untuk calon mahasiswa yang memiliki sertifikat prestasi bidang olahraga, seni, penghafal 30 juz Al-quran, dan lainnya.

Sertifikat prestasi itu minimal juara I pada perlombaan yang levelnya tingkat kabupaten atau kota.

Pendaftaraan Jalur Mandiri akan dibuka setelah tahapan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) selesai yaitu 13 Juni 2017.

Secara keseluruhan UNP pada 2017 menyediakan kouta penerimaan mahasiswa baru sebanyak 8.567 orang.

Kouta itu terbagi untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 30 persen, SBMPTN 40 persen, dan Jalur Mandiri 30 persen.

Ia juga mengingatkan agar calon mahasiswa terus memperbaharui informasi melalui website resmi UNP pada domain unp.ac.id. (*)