Raja Salman Bertemu Megawati dan Puan Maharani

id Raja Salman, Megawati, Puan Maharani

Raja Salman Bertemu Megawati dan Puan Maharani

Presideng Joko Widodo (kiri) dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud (kanan) mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (2/3). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud dalam kunjungannya ke Indonesia sempat menanyakan keberadaan cucu Bung Karno hingga pada hari kedua kunjungannya, Raja Arab Saudi ketujuh itu akhirnya bertemu dengan Megawati dan Puan Maharani.

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Jakarta, Kamis, mengatakan Raja Salman sempat bertemu dengan cucu Bung Karno Puan Maharani selaku Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Istana Kepresidenan Bogor.

Berlanjut pada Kamis, 2 Maret 2017, Raja Salman pada akhirnya berkesempatan untuk bertemu dengan anak Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno, yaitu Megawati Soekarnoputri, yang sekaligus sebagai Presiden Republik Indonesia ke-5.

Pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 15 menit tersebut, berlangsung di Istana Merdeka bersama dengan Presiden Joko Widodo dan juga Puan Maharani dalam suasana yang akrab dan bersahabat.

Setelah pertemuan, Puan Maharani mengungkapkan bahwa Raja Salman mengapresiasi atas penyambutannya oleh Pemerintah Indonesia.

"Saya merasa bahwa sambutan Presiden Joko Widodo kepada Raja Arab Saudi apalagi bisa bertemu dengan anak dan cucu Presiden Soekarno ini merupakan suatu bentuk sejarah yang semakin erat dengan Arab Saudi," ujar Raja Salman sebagaimana dikatakan Puan.

Ada cerita unik menurut Raja Salman terkait hubungan antara Raja Arab Saudi terdahulu dengan Presiden Soekarno.

Puan Maharani mengatakan, belum diketahui dengan jelas siapa Raja Arab Saudi yang pernah berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan kakeknya itu.

Namun Puan menceritakan, Presiden Soekarno sempat membuatkan tempat tidur khusus untuk Raja tersebut.

"Jadi menceritakan bahwa waktu itu Raja Saudi ada yang bertemu dengan Bung Karno, ini yang tadi kita bicara nggak tahu Raja Saudi yang mana, bahwa Raja Faisal atau Abdullah. Kemudian pada kesempatan itu raja yang mau datang ke Jakarta karena tinggi besar sekali nggak ada tempat tidur yang cukup, nah Bung Karno selaku arsitek membuat tempat tidur khusus untuk raja tersebut, rajanya lupa, sepanjang dua meter. Sekarang tempat tidur itu ada di Istana Bogor," ujar Puan.

Sebagaimana diketahui, kemarin di Istana Bogor, Rabu 1 Maret 2017, saat baru tiba di Istana Kepresidenan Bogor dan disambut oleh Presiden Joko Widodo, Raja Salman menanyakan cucu Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno. "Mana cucu Soekarno?" tanya Raja Salman kepada Presiden.

Tak lama, Presiden memanggil Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. "Ini cucu Soekarno," kata Presiden.

Dan akhirnya pada hari ini, Raja Salman dapat bertemu secara khusus dengan anak dan cucu dari Presiden Soekarno.

"Ini menunjukkan bukti bahwa hubungan antara Arab Saudi dengan Indonesia, Soekarno dengan Raja Faisal sangat erat, saya tentu saja menyempatkan diri untuk bertemu anaknya Bung Karno untuk melanjutkan hubungan ini," ucap Raja Salman seperti diungkapkan oleh Puan Maharani. (*)