Bupati Pasaman Canangkan Bulan Bhakti Dasawisma Tingkat Kabupaten

id Yusuf Lubis, Dasawisma

Bupati Pasaman Canangkan Bulan Bhakti Dasawisma Tingkat Kabupaten

Bupati Yusuf Lubis didampingi Ny. Gustinar Yusuf Lubis saat meninjau produk kerajinan lokal dari kelompok Dasawisma, Kamis. (ANTARA SUMBAR/Riko Saputra)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Bupati Pasaman Yusuf Lubis mencanangkan kegiatan Bulan Bhakti Dasawisma tingkat kabupaten dalam rangka melaksanakan 10 program pokok Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera.

Ketua TP-PKK Gustinar Yusuf Lubis di Lubuk Sikaping, Kamis, mengatakan kelompok Dasawisma ini merupakan motor penggerak dalam menjalankan 10 Program pokok TP-PKK tersebut.

"Namun kenyataannya saat ini masih ada kelompok Dasawisma yang belum terbentuk dan belum dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik," katanya.

Oleh sebab itu, katanya untuk meningkatkan prakarsa, kemauan dan kemampuan kader PKK terutama kelompok Dasawisma perlu dilaksanakan pembinaan dan bimbingan terpadu berkesinambungan secara bertahap.

"Untuk mendukung suksesnya program tersebut maka perlu kita lakukan terobosan dengan menetapkan Pelaksanaan Bulan Bhakti Kelompok Dasawisma tingkat Kabupaten Pasaman yang dimulai dari tahun ini setiap bulan Maret," ujarnya.

Ia menjelaskan ada beberapa tahap yang akan dilakukan dalam Bulan Bhakti Dasawisma tersebut yakni pada 1 hingga 6 Maret 2017 akan dilakukan pembentukan kelompok Dasawisma baru, pada 7 hingga 12 Maret 2017 mengadakan kegiatan pembinaan mental dan pola asuh anak dan keluarga, selanjutnya pada 13 hingga 18 Maret 2017 melaksanakan pemberdayaan ekonomi keluarga dan pembinaan PAUD.

Kemudian, pada 19 hingga 24 Maret 2017 menggelar kegiatan menanam cabai serentak masing-masing sebanyak 10 batang cabai per anggota kelompok Dasawisma dan pada 25 hingga 30 Maret 2017 menggelar sosialisasi dan pelayanan IVA Test yang dilaksanakan oleh tenaga ahli dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping.

Sementara itu, Bupati Pasaman Yusuf Lubis saat membuka acara tersebut mengatakan keberadaan TP-PKK ini sudah diterima dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"PKK ini menjadi mitra pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Oleh sebab itu upaya tersebut perlu terus ditingkatkan dengan kemauan dan kemampuan dari seluruh kader PKK mulai dari tingkat kejorongan," katanya.

Menurutnya masyarakat yang sejahtera, agamis dan berbudaya itu yang akan diwujudkan oleh pemerintah daerah dalam lima tahun kepemimpinannya.

"Bulan Bhakti Dasawiswa inilah salah satu kegiatan PKK yang baru saja kita canangkan. Pada tingkat kejorongan akan dibentuk kepengurusan dengan anggota dari 10 hingga 20 rumah tangga," ujarnya.

Dengan telah telah dicanangkannya Bulan Bhakti Dasawisma tingkat kabupaten ini, ia berharap kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, TP-PKK, wali nagari dan kepala jorong yang ada dei daerah itu untuk berperan aktif dalam mendukung dan menyukseskan kegiatan ini. (*)