Disdik: Peserta UN SLTP Dharmasraya 3.182 Siswa

id Peserta, UN, SLTP, Dharmasraya

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat mencatat peserta Ujian Nasional (UN) 2017 untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) sederajat di daerah itu sebanyak 3.182 siswa dari 34 sekolah penyelenggara.

Kepala Disdik Dharmasraya, Marius di Pulau Punjung, Kamis, mengatakan 3.182 siswa ini berasal dari SLTP sebanyak 2.561 orang dan Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta berjumlah 621 orang.

Peserta UN laki-laki berjumlah 1.518 orang dan perempuan 1.664 orang.

Menurutnya sesuai rencana Ujian Sekolah (US) akan dilaksanakan 10 sampai 14 April, lalu dilanjutkan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) pada 17 sampai 19 April, dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan digelar 2 sampai 8 Mei 2017.

"Sebelumnya siswa sudah melaksan pra UN pada 6,7,8 dan 9 Februari 2017," ujarnya.

Ia menyatakan seluruh SLTP di daerah itu akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ia mengatakan pihaknya telah menunjuk tujuh sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat sebagai penyelenggara UNBK untuk tingkat SLTP ini. Dimana sekolah tersebut sudah memiliki sarana dan prasarana pelaksanaan yang lengkap.

Tujuh sekolah itu, yakni SLTA 1 Koto Baru, SLTA 1 Pulau Punjung, SLTA 1 Sungai Rumbai, SLTA 1 Timpeh, SMK 1 Koto Baru, SMK 1 Pulau Punjung, dan SMK 1 Sitiung.

"Kami pusatkan di sejumlah sekolah yang telah memiliki sarana dan prasarana untuk pelaksanaan UNBK SLTP," ujarnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Dr Muhadjir Effendy menyatakan UNBK akan menjadikan siswa lebih jujur karena soal yang mereka hadapi tidak sama antara yang satu dengan lainnya.

"UNBK yang sudah dilakukan sejak tahun lalu, sekarang juga semakin dikembangkan. Tahun ini, soal yang akan dihadapi tiap siswa lebih banyak variasi, sehingga bisa jadi setiap siswa memegang soal yang berbeda satu sama lain," katanya. (*)