Tiga Tahanan Kabur dari Sel Polsek Lirik

id tahanan, kabur, lirik, riau

Pekanbaru, (Antara Sumbar) - Sebanyak tiga tahanan kabur melarikan diri dari sel tahanan Kepolisian Sektor Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau sekitar Pukul 23.00 WIB, Rabu (1/3) malam.

"Iya benar itu, sekarang sedang dalam pencarian," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo membenarkan di Pekanbaru, Kamis.

Ketiga tahanan itu, Arsyad (27) kasus pencurian kendaraan bermotor, Didit Junaidi (41) kasus pencurian sawit, dan Firman Alex Saputra (19) juga kasus Curanmor. Itu dilakukannya dengan cara memotong besi terali Pintu Sel Mapolsek Lirik.

Kaburnya tahanan tersebut diketahui sekitar pukul 22.00 WIB, Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Lirik Brigadir F Lumban Tobing yang menggantikan tugas jaga Brigadir Hendra Gunawan (Ditarik ke Polres), duduk-duduk di depan Mapolsek Lirik.

Dia bersama dengan Kepala Polsek Lirik AKP Amran Kadir, Kanit Reskrim Iptu Mulyadi, Kanit Patroli Iptu D Napitupulu, Kanit Lantas Aipda M Arif, KSPKT Bripka Aprianto Siregar dan Anggota Piket Reskrim Bripda Beni Ilham.

Tidak lama kemudian datang ke Mapolsek Lirik seorang sopir truk yang melaporkan bahwa ada pelemparan terhadap kaca mobil yang melintas di sekitar Jalan Lintas Timur dekat kawasan Pertamina Lirik.

Mendapat informasi tersebut selanjutnya Kanit Reskrim Iptu Mulyadi bersama KSPKT Bripka Aprianto Siregar dan Piket Reskrim Bripda Beni Ilham melakukan Patroli guna mengecek laporan dari sopir tersebut.

Sedangkan Kapolsek Lirik AKP Amran Kadir, Kanit Lantas Aipda M Arif dan Brigadir Fajar Lumban Tobing tetap di kantor. Namun sekitar pukul 23.00 WIB Kapolsek Lirik bersama dengan Kanit Lantas menyatakan hendak berangkat patroli ke daerah Simpang Japura.

Pada saat Kapolsek hendak berangkat patroli tersebut Brigadir Fajar Lumban Tobing yang tinggal sendiri kemudian menuju ruangan sel untuk melakukan pengecekan terhadap tahanan yang berada di tempatnya.

Tapi sesampainya di ruangan Sel Polsek Lirik Brigadir Fajar Lumban Tobing terkejut melihat bahwa tiga orang tahanan yang berada di dalam sel Mapolsek Lirik sudah tidak ada lagi. Melihat kejadian selanjutnya segera memberitahukan perihal kejadian tersebut ke Kapolsek Lirik.

"Saat ini personel gabungan Polsek Lirik, Pasir Penyu dan Personil Kepolisian Resor Inhu masih melakukan penyisiran dan pengejaran terhadap tahanan yang kabur tersebut," demikian Guntur. (*)