10 Tahun Kerja Sama, LKBN Antara Apresiasi Pemkab Tanah Datar

id kerjasama antara

10 Tahun Kerja Sama, LKBN Antara Apresiasi Pemkab Tanah Datar

Kepala Biro LKBN Antara Sumbar Azhari dan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saling menyerahkan naskah kerja sama pemberitaan yang disaksikan Kabid Informasi Publik Mustafa Akmal, dan Kabag Humas Syahril di Pagaruyung, Rabu (1/3). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Sumatera Barat (Sumbar) mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar atas kerja sama pemberitaan yang sudah terjalin selama 10 tahun sejak 2008.

"LKBN Antara selalu siap mempublikasikan program pemerintah daerah untuk pengembangan potensi yang ada," kata Kepala Biro LKBN Antara Sumbar, Azhari saat pertemuan dengan Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi di Pagaruyung, Rabu.

Ia mengatakan Tanah Datar banyak mengandung potensi bidang pertanian dan pariwisata sehingga perlu pembenahan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Potensi pertanian dan objek wisata Tanah Datar cukup mengagumkan, namun belum terekspos secara maksimal sehingga ke depannya liputan wisata, pertanian dan lainnya perlu ditingkatkan," katanya.

Ia menjelaskan saat ini LKBN Antara selain mempunyai produk berita teks dalam bentuk portal, juga tengah mengembangkan produk televisi Antara.

"Produk siaran Antara TV disiarkan melalui TV kabel yang tergabung dalam anggota Indonesian Cable TV Association (ICTA) dan yuotube sekaligus memperkaya penayangan konten lokal di televisi berjaringan hingga ke pelosok Indonesia," katanya.

Ia menyebutkan produk konten berita Antara TV sudah ditayangkan di 267 TV kabel di Indonesia, jumlahnya akan terus bertambah seiring peningkatan jumlah anggota ICTA.

"Antara TV memiliki konten berita hardnews dan produk feature yang semuanya mengangkat potensi daerah, menayangkan potensi wisata, perbaikan infrastruktur di daerah," katanya.

Ia mengharapkan Pemkab Tanah Datar dapat bekerja sama dalam produk Antara TV sehingga informasi pembangunan dan pemerintahan dapat diterima masyarakat di daerah itu.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi juga mengapresiasi keberadaan LKBN Antara yang telah berperan memajukan daerah.

"Kami mengapresiasi kehadiran LKBN Antara sebagai media kontrol dan mitra pemerintah daerah dalam menginformasikan berbagai potensi yang ada di daerah," katanya.

Ia menyebutkan dukungan media adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam memberi semangat perubahan, serta kritik membangun untuk kemajuan daerah.

"Tanpa media, daerah akan sangat jauh tertinggal dan masyarakat tidak mengetahui informasi yang berkembang," katanya.

Ia mengharapkan LKBN Antara harus lebih dan tetap mengedepankan independensi terkait pemberitaan serta terus berusaha meningkatkan kualitas pemberitaan.

"LKBN Antara harus menjadi pelopor dalam melaksanakan pelayanan pendidikan publik di era globalisasi saat ini," katanya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangan kontrak kerjasama Pemkab Tanah Datar dengan LKBN Antara Sumbar tahun 2017 oleh Bupati Irdinansyah Tarmizi dengan Kabiro Antara Sumbar Azhari yang disaksikan Kabid Pengembangan Informasi Publik Dinas Kominfo Mustafa Akmal, Kabag Humas dan Protokol Syahril, Redaktur Antara Sumbar Mukhlisun, Asmen Komersial Siri Antoni, dan Koordinator Liputan Ikhwan Wahyudi. (*)