Minggu, 20 Agustus 2017 - 28 Zulqaidah 1438 H

Polda Turunkan 741 Personel Dalam Operasi Simpatik

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumbar membagikan helm gratis kepada pengendara yang melanggar lalu lintas di depan Mapolda Sumbar, Kamis (1/3). Operasi Simpatik 2017 ini berjalan sejak 1 hingga 21 Maret 2017. (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)
Padang, (Antara Sumbar) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat, akan melibatkan 741 personel dalam Operasi Simpatik 2017 yang akan dilaksanakan pada 1 hingga 21 Maret 2017 di seluruh wilayah di provinsi setempat.

"Dalam operasi tersebut bertujuan agar tindakan pelanggaran lalu lintas bisa berkurang," kata Kapolda Sumbar Brigjen Pol Fakhrizal saat Gelar Apel Operasi Simpatik 2017 di Padang, Senin.

Ia mengatakan operasi ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia, untuk mencegah niat pengendara untuk melakukan pelanggaran lalu lintas.

Sesuai dengan amanat undang-undang no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan prasarana umum pasal 258 yang menyebutkan bahwa masyarakat berperan penting dalam terlaksananya tertib berlalu lintas di jalan raya.

"Melalui operasi ini kami mengajak seluruh masyarakat untuk selalu mementingkan keselamatan dalam berlalu lintas," kata dia.

Sementara Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol Budi Prasetyo mengatakan pihaknya selama melakukan Operasi Simpatik akan mendahukukan langkah preventif untuk pencegahan terjadinya pelanggaran lalu lintas.

"Namun kami juga tetap melakukan penilangan terhadap pengendara yang melanggar lalu lintas yang menjadi penyebab kecelakaan seperti pelanggaran batas kecepatan," kata dia.

Ia mengatakan tindakan pelanggaran yang paling banyak dilakukan oleh pengendara di Sumatera Barat adalah tidak menggunakan helm ketika mengendarai sepeda motor.

"Ada juga yang menggunakan helm namun tidak sesuai dengan standar yang ada , setiap hari pelanggaran ini sering ditemukan oleh petugas," kata dia.

Ia berharap melalui operasi yang dilakukan selama 20 hari ini bisa membuat turun angka kecelakaan lalu lintas dan membuat masyarakat tertib berlalu lintas.

Ia menguraikan dalam operasi tersebut anggota satuan lalu lintas akan memberikan bentuk teguran tertulis kepada pelanggar yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Dalam surat tersebut dituliskan bahwa pelanggar berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya dan akan selalu tertib berlalu lintas.

Pihaknya juga membagikan helm gratis kepada pengendara yang terkena teguran secara langsung oleh petugas karena menggunakan helm yang tidak memnuhi standar.

"Para polwan juga membagikan bunga kepada para pengendara di depan Mapolda Sumbar setelah Gelar Apel Operasi Simpatik 2017 dilaksanakan," kata dia. (*)









Editor : Ikhwan

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Fathul Abdi
Teknologi informasi kian hari kian berkembang. Jika dulu masyarakat melakukan segala sesuatu secara manual, kini bisa dilakukan ...
Baca Juga