BMKG: 75 Persen Wilayah Sumbar Diguyur Hujan

id Hujan Lebat

BMKG: 75 Persen Wilayah Sumbar Diguyur Hujan

Ilustrasi, hujan. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping, Padang Pariaman, melaporkan 75 persen wilayah Sumatera Barat (Sumbar) diguyur hujan pada Selasa siang.


"Estimasi terjadinya hujan diperkirakan hingga malam hari," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padang Pariaman, Budi Samiaji saat dikonfirmasi dari Padang, Selasa.

Ia menyampaikan beberapa daerah Sumbar yang diguyur hujan dengan intensitas tinggi yakni wilayah Kepulauan Mentawai khususnya Tua Pejat, Siberut, dan Sipora, Kabupaten Padangpariaman, Agam di Maninjau, Malalak, Lubuk Basung, Bukittinggi, Pesisir Selatan khususnya Painan, Taratak, Tarusan, Kambang, dan Kabupaten Solok di wilayah Arosuka, Talang, Suka Rami dan Sungai Lasi.

Selanjutnya Kota Solok, Pariaman, Kabupaten Dharmasraya di daerah Sungai Rumbai dan Koto Baru. Kemudian Solok Selatan, Kota Padang, Pasaman Barat khususnya Air Bangis, Simpang Empat, Kinali, Talamau.

"Secara umum untuk keseluruhan, intensitas hujan bervariasi yakni sedang hingga lebat," ujarnya.

Selain itu dia menyampaikan hujan tersebut juga disertai angin yang cukup kencang khususnya di pesisir pantai Sumbar.

Kecepatan angin di pesisir pantai bisa mencapai 20 hingga 35 kilometer per jam.

Dampak yang berpotensi terjadi akibat hujan lebat tersebut, katanya, bisa berdampak longsor di Sitinjau, Malalak, Lembah Anai, Alahan Panjang, Solok Selatan, perbatasan Bengkulu dan Pesisir Selatan, Solok Selatan, perbatasan Riau dan Sumbar.

Potensi genangan air di Padang, Pariaman, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Pasaman Barat dan Siberut.

Untuk itu, Budi mengimbau masyarakat agar mewaspadai perubahan cuaca mendadak. Pihaknya akan memperbaharui informasi jika ada perubahan dinamika atmosfer. (*)