Luis Milla: Seleksi Kedua Timnas Bandingkan Kualitas

id Luis Milla, Seleksi Timnas

Luis Milla: Seleksi Kedua Timnas Bandingkan Kualitas

Pelatih baru Timnas Indonesia Luis Milla. (ANTARA /Sigid Kurniawan)

Banten, (Antara Sumbar) - Pelatih tim nasional U-22 Luis Milla mengatakan seleksi kedua timnas yang diadakan pada 28 Februari-2 Maret 2017 dilakukan untuk membandingkan kualitas pemain dengan pesepak bola yang sudah ikut dalam seleksi pertama.

"Kami ingin melakukan perbandingan dan melihat kualitas para pemain dari dekat karena ada beberapa nama baru dari 26 orang yang dipanggil," ujar Luis Milla di sebuah hotel di Karawaci, Tangerang, Banten, Selasa

Milla menganggap tahapan pemantauan kualitas ini penting untuk menyusun peta kekuatan individu yang akan diramu ke dalam tim nasional.

Sebab, menurut pria Spanyol yang pernah berkiprah di Barcelona dan Real Madrid itu, kualitas para pemain akan menentukan bagaimana skema permainan Garuda U-22.

"Saya secara pribadi suka bermain cepat. Namun pelatih harus beradaptasi dengan kemampuan pemain, bukan sebaliknya," tutur Milla.

Dia menambahkan pesepak bola yang diinginkannya adalah mereka yang bisa bermain sebagai tim. Oleh karena itu dia juga menekankan keharusan untuk saling mengenal antarpemain.

"Nanti setelah seleksi ketiga kami akan putuskan cara bermain yang cocok untuk timnas," kata Milla.

Adapun dalam seleksi kedua timnas U-22, dari 26 nama, Luis Milla hanya memanggil 11 pemain baru, sedangkan sisanya sudah mengikuti seleksi perdana pada 21-23 Februari 2017.

Menurut Luis Milla, dia sengaja tidak memasukkan para pemain yang berlaga di semifinal Piala Presiden 2017 demi memberikan pengalaman bagi pesepak bola belia tersebut.

"Saya sangat menghormati mereka yang tampil di semifinal Piala Presiden," ujar dia.

Namun, meski ada pemain yang tidak dipanggil, Luis Milla menganggap semua pemain masih memiliki kesempatan yang sama untuk bergabung dengan timnas U-22.

Direktur Hubungan Internasional dan Media PSSI Hanif Thamrin menekankan bahwa pengumuman 25 atau 26 pemain yang akan dibawa ke pemusatan latihan (TC) jangka panjang dilakukan usai seleksi ketiga atau setelah Piala Presiden 2017 selesai.

"Seleksi ketiga akan diadakan pada 7-9 Maret 2017. Keputusan akhir pemain yang lolos akan dilakukan setelah seleksi ketiga selesai atau usai Piala Presiden. Selama belum diumumkan, peluang semua pemain untuk membela timnas masih sama," tutur Hanif, merujuk pada final Piala Presiden yang digelar pada 12 Maret 2017.

Kegiatan seleksi tahap dua timnas sendiri dilakukan pada Selasa hingga Kamis, 28 Februari-2 Maret 2017 di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang.

Hari Selasa (28/2), latihan dilakukan sejak pukul 08.00 WIB. Rabu (1/3), latihan dilaksanakan pada dua sesi, berawal pukul 08.00 WIB dan sore mulai pukul 16.00 WIB. Sementara Kamis (2/3), latihan terakhir di seleksi kedua ini hanya pagi hari, sejak pukul 08.00 WIB. (*)