Legislator: Pengembangan Pariwisata Sawahlunto Butuh Evaluasi Menyeluruh

id Danau Kandi

Legislator: Pengembangan Pariwisata Sawahlunto Butuh Evaluasi Menyeluruh

Objek wisata Danau Kandi di Kota sawahlunto Sumatera Barat. (Foto: Antara Sumbar - Mukhlisun)

Sawahlunto, (Antara Sumbar) - Pengembangan terhadap sektor kepariwisataan di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat membutuhkan evaluasi secara menyeluruh, kata Ketua Komisi I DPRD setempat, Dasrial Ery di Sawahlunto, Senin.

"Evaluasi itu dibutuhkan untuk melihat sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai dalam pengembangannya selama ini," kata dia.

Menurutnya, ada sejumlah indikator yang harus dipertimbangkan karena potensi kepariwisataan di kota itu keberadaannya sebagian besar "diciptakan" dan bukan ada dengan sendirinya akibat kondisi alam yang memang mendukung untuk sebuah industri pariwisata.

Sehingga, lanjutnya seluruh pihak harus berpikir tentang seberapa besar dampaknya dan dukungan yang diberikan oleh masyarakat setempat.

"Harus ada faktor lain yang mendukung sektor ini, seperti sarana dan prasarana yang akan dipersiapkan dan kesiapan anggaran daerah untuk itu," kata dia.

Dia menegaskan, untuk masalah pariwisata tidak cukup dengan hanya mengandalkan anggaran yang bersumber dari anggaran daerah dan membutuhkan mitra dari pihak lain dalam proses pembangunan dan pengembangan tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah setempat, Andi Rastika menyebutkan secara nasional pembangunan dan pengembangan pariwisata di Kota Sawahlunto telah menjadi pioner terhadap pertumbuhan sektor pariwisata di provinsi Sumatera Barat.

Hal tersebut, jelasnya menjadi tantangan tersendiri bagi kota itu untuk selangkah lebih maju dari daerah lainnya.

"Untuk itu, dibutuhkan ide kreatif dan inovatif dari pihak terkait dalam mengembangkan pariwisata yang telah ada, diantaranya dengan penempatan anggaran yang tepat sasaran bagi program - program kepariwisataan," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ferdiansyah menginginkan potensi pariwisata yang ada di Provinsi Sumatera Barat agar dapat dioptimalkan karena memiliki keanugerahan alam yang indah serta adat istiadat yang unik.

"Allah menganugerahkan alam Sumbar yang begitu indah, dan ragam budaya adat istiadat setempat membuat Sumbar menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang patut dikunjungi di Indonesia," katanya. (*)