Kopertis X Dorong PTS Ciptakan Lulusan Berkompeten

id Kopertis X, Lulusan, Berkompeten

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X Wilayah Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau mendorong Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menciptakan lulusan berdaya saing atau berkompeten.

"Tidak hanya pemerataan akses pendidikan tinggi, menciptakan sumber daya unggul menjadi tugas pengelola kampus swasta juga," kata Koordinator Kopertis X, Prof Herri di Padang, Senin.

Ia menerangkan salah satu upaya yang bisa dilakukan PTS yakni memperkuat sumber daya pengajar dengan jaminan sertifikasi kompetensi.

Ia menambahkan bila dibandingkan perguruan tinggi negeri, tenaga pengajar di kampus swasta memang masih jauh kualitasnya butuh upaya keras untuk membangunnya.

Misalnya, ujarnya meminimalkan dosen S1 dengan menyekolahkan ke S2 dan seterusnya hingga Doktor.

"Di sinilah peran yayasan, dan pengelola kampus untuk mencari peluang beasiswa atau semacamnya," katanya.

Dalam hal ini peran Kopertis menjadi penghubung antara PTS dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

"Sebab akses ke pemerintahan dari kampus swasta tidak mudah, dengan adanya Kopertis hal tersebut teratasi," sebutnya.

Hal lain yang bisa dilakukan kampus yakni meningkatkan sarana prasarana seperti gedung akademik, kuliah, pustaka dan laboratorium.

Dengan begitu, katanya akan menjadi modal untuk menyiapkan akreditasi, bila akreditasi yang diperoleh baik seperti nilai A, akses ke mana pun akan mudah.

Sementara itu Rektor Universitas Baiturrahmah Padang, Prof Musliar Kasim mengatakan untuk menciptakan lulusan unggul tidak cukup mengandalkan uang SPP semata.

"Butuh alternatif dan usaha yayasan untuk mencarikan sumber dana lainnya," ujar dia.

Sedangkan salah satu pemilik yayasan PTS di Padang, Herman Nawas menyebutkan dengan meningkatkan lulusan berkompeten akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap PTS.

Bukan tidak mungkin, tambahnya kelak PTS di Kopertis X menjadi pilihan bagi masyarakat selain negeri. (*)