Senin, 23 Oktober 2017 - 3 Safar 1439 H

Wapres Bantu Mesin Latihan AKN Tanah Datar

Putra Wapres Solihin Kalla Datuak Rajo Panghulu (dua kanan) menyerahkan bantuan dua unit mesin latihan kepada Direktur Politeknik Negeri Padang Aidil Zamri (tengah) disaksikan Tokoh masyarakat Sumbar Syahrul Ujud (dua kiri) dan Fasli Djalal (kiri) serta Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi (kanan) di Kampus AKN Lintau, Sabtu (25/2). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)
Batusangkar, (Antara Sumbar) - Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan bantuan dua unit mesin latihan (engine trainer) kepada Akademi Komunitas Negeri (AKN) Tanah Datar, Sumatera Barat, yang diserahkan putranya, Solihin Kalla Datuak Rajo Panghulu.

Penyerahan bantuan tersebut diterima Direktur Politeknik Negeri Padang, Aidil Zamri dengan disaksikan tokoh masyarakat Sumbar Syahrul Ujud dan Fasli Djalal, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi di Kampus AKN Tanah Datar Nagari Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo, Sabtu.

Selain memberikan bantuan itu, Solihin juga meresmikan kelas baru bantuan perantau, meresmikan Mushalla karya mahasiswa, melhat lahan pembangunan kampus rintisan AKN Tanah Datar seluas 5,5 hektare yang merupakan hibah dari Pemkab Tanah Datar, mengunjungi Puskesmas di Nagari Lubuk Jantan, Masjid Raya dan Panti Asuhan di Tanjung Bonai, serta Rumah Gadang Datuak Rajo Panghulu.

Solihin mengharapkan dengan bantuan dua unit mesin tersebut dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar mahasiswa yang nantinya mampu melahirkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

"Dengan kemampuan teknis yang dimiliki lulusan di akademi komunitas ini, maka kita tidak perlu lagi mendatangkan tenaga kerja dari luar negeri," katanya.

Sementara itu, Bupati Irdinansyah Tarmizi menyampaikan AKN Tanah Datar selama ini telah berhasil menjadi salah satu akademi pilihan bagi para siswa lulusan sekolah menengah atas baik yang ada di Tanah Datar maupun di daerah lainnya yang ada di Sumbar.

Ia menyebutkan pihak pengelola AKN Tanah Datar ini hendaknya terus mempromosikan dan memperkenalkan akademi yang merupakan program pemerintah pusat kepada para siswa lulusan SLTA untuk mau melanjutkan pendidikannya dan menimba ilmu di sini.

"Karena kita tahu akademi komunitas yang kita miliki saat ini mempunyai masa depan yang bagus dan juga tidak kalah dibanding dengan akademi lain yang ada di Sumbar, baik secara gengsi maupun mutu pendidikannya," katanya.

Hal Ini terbukti, sudah banyak pemerintah kabupaten dan kota di Sumbar yang menginginkan lulusan akademi komunitas ini berkerja dan mengabdi di daerah mereka.

"Apalagi ke depan pemerintah daerah berupaya melakukan perubahan sistem pemerintahan yang berbasis E-Goverment dan membutuhkan tenaga kerja yang handal dan memiliki kemampuan informasi teknologi yang bagus," katanya.

Direktur Politeknik Negeri Padang, Aidil Zamri menyampaikan keberadaan AKN Tanah Datar ini diharapkan dapat menjawab persoalan tamatan SLTA yang tidak diterima di perguruan tinggi negeri terkenal di Indonesia.

Ia mengatakan selama ini Kabupaten Tanah Datar sudah berhasil mengantarkan siswa siswi lulusan SLTA masuk ke perguruan tinggi terkenal di Indonesia.

Ia mengharapkan akademi komunitas ini dapat meningkatkan dan mempercepat dukungan sumber daya manusia untuk pembangunan di daerah dalam berbagai bidang.

Pada kesempatan itu, Perantau Tanah Datar juga membantu AKN dana sebesar Rp35 juta untuk pengadaan mesin penambahan daya listrik. (*)





Editor : Ikhwan Wahyudi

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga