Rektor : Alumni Unand Capai 117.228 Orang

id Unand

Rektor : Alumni Unand Capai 117.228 Orang

()

Padang, (Antara Sumbar) - Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, Prof Tafdil Husni menyebutkan jumlah alumni kampus tersebut hingga wisuda pertama tahun ini sebanyak 117.228 orang yang tersebar dar lulusan S1, Magister, Doktor, Diploma, Profesi dan Spesialis.

"Para alumni telah tersebar dan berkecimpung di berbagai bidang dan saat ini memegang di beberapa sektor pemerintahan," katanya usai melantik 1.330 orang wisudawan program S1 dan Diploma dalam Wisuda I Unand 2017 di Padang, Sabtu.

Dia menyebutkan semenjak Unand berdiri pada 1955 banyak lulusan menjadi pilar dalam pembangunan daerah khususnya di Sumbar.

Saat ini beberapa diantaranya seperti Wali Kota Padang, Mahyeldi Asharullah, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur adalah sebagian kecil dari alumni Unand yang sukses dalam pemerintahan.

Masih banyak lulusan Unand lainnya yang saat ini berkiprah di berbagai bidang mulai politik, ekonomi, hukum, budaya, sosial dan sebagainya.

Bahkan yang masih mengabdi di Unand saat ini telah menjadi ahli di nasional dan internasional seperti Prof Saldi Isra, Dr Asrinaldi, Prof Gusti Asnan dan sebagainya.

"Khusus Sumbar lulusan Unand memegang peranan, karena sebagian besar pegawai dan pejabat daerah alumni kami," ujarnya.

Dia berujar saat ini pihaknya terus meningkatkan kualitas lulusan baik pra dan pasca lulus, salah satunya melalui pusat bimbingan karier.

"Keberadaan pusat itu akan membantu lulusan untuk mencari kerja, berwirausaha dan berkiprah sesuai kemauannya dan difasilitasi," kata dia.

Senada itu Perwakilan alumni Unand dr Masrul mengatakan setiap tahunnya lulusan Unand mengalami peningkatan kualitas.

Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya lulusan Unand yang diterima bekerja di luar negeri, dan perusahaan ternama dalam negeri.

Sementara itu dalam Kegiatan Wisuda I Unand 2017, pihak kampus membagi dua kegiatan untuk khusus Program Pascasarjana yang digelar Jumat (24/2) serta untuk program S1 dan Diploma pada Sabtu. (*)