Kodim 0311/Pesisir Selatan Bekali Pelajar Wawasan Kebangsaan

id wawasan kebangsaan, kodim Pesisir Selatan

Painan, (Antara Sumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0311/Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), membekali pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Batang Kapas mengenai wawasan kebangsaan, Jumat.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter), Kodim 0311/Pesisir Selatan, Kapten Rudi Saragih di Painan, usai pembekalan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian TNI terutama dalam meminimalkan kenakalan remaja di kalangan pelajar.

Selain itu, perkembangan dan kemajuan teknologi menyebabkan nilai-nilai nasionalisme perlahan mulai luntur sehingga berdampak buruk bagi generasi penerus selanjutnya.

Hal itu dikarenakan budaya luar dengan tiada batas melalui kemajuan teknologi menggerogoti cinta perbedaan, musyawarah dan mufakat yang menjadi nilai luhur bangsa.

"Untuk itu melalui kegiatan ini kami mencoba meningkatkan kembali wawasan kebangsaan dengan harapan pelajar ini kelak menjadi generasi yang akan menjamin dan memastikan utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata dia.

Menurutnya wawasan kebangsaan penting untuk menjaga keutuhan NKRI dan harus diterapkan sejak dini kepada generasi muda dan pelajar. Sehingga diharapkan, mereka mampu memahami apa arti persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal itu akan mewujudkan semangat gotong royong, bela negara, jiwa nasionalisme dan patriotisme, serta saling tolong menolong antar umat beragama.

Selain itu kata dia, kegiatan tersebut juga diharapkan membentuk generasi muda yang berkarakter dan tidak mudah terjerumus kedalam hal-hal yang negatif, seperti, narkoba, miras, seks bebas dan lainnya.

"Kami berharap melalui pembekalan maka wawasan kebangsaan generasi muda bertambah khususnya para pelajar sebagai harapan bangsa," katanya lagi.

Tokoh masyarakat setempat, yang pernah menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Batang Kapas, Daskom menyambut baik kegiatan tersebut ia mendorong agar kegiatan serupa digelar berkelanjutan. (*)