Rumah Budaya Fadli Zon Luncurkan Buku Orkes Gumarang

id Rumah Budaya, Fadli Zon

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Rumah Budaya Fadli Zon yang terletak di Nagari Aia Angek, Tanah Datar Sumatera Barat, meluncurkan buku Orkes Gumarang karya Fadli Zon untuk mengenang musik legendaris dari Ranah Minang tersebut.

"Ini merupakan salah satu upaya pelestarian seni dan budaya Minankabau," kata Fadli Zon ketika meluncurkan buku Orkes Gumarang di Aia Angek, Jumat.

Menurut Fadli Zon yang juga wakil Ketua DPR RI tersebut, buku Orkes Gumarang berisi kisah salah seorang anggota orkes, Syaiful Nawas.

Buku yang memiliki 264 halaman itu dibuat dalam kurun waktu tujuh tahun karena Fadli Zon kesulitan mencari bahan Orkes Gumarang kala itu.

Sedikit demi sedikit, Fadli Zon mengumpulkan bahan cerita Orkes Gumarang dari berbagai sumber, baik media massa maupun majalah.

"Buku ini menyusunnya selama tujuh tahun dari 2010 sampai 2017," ujarnya.

Orkes Gumarang merupakan cikal bakal band di Indonesia kala itu. Orkes yang lahir 1954 itu sempat tenar di Indonesia selama satu dekade hingga 1964.

Waktu itu Orkes Gumarang dengan ciri khas musik Minang mendominasi blantika musik di Indonesia di bawah pimpinan pertama Anwar Anif. Mereka tampil di berbagai daerah di Indonesia.

Seorang pegiat musik Muhammad Jujur menilai peluncuran buku Orkes Gumarang tersebut patut diapresiasi.

"Orkes Gumarang merupakan musik legendaris Minang yang patut dilestarikan. Melalui buku ini para generasi bisa mengenang perjalanan Orkes Gumarang dari Ranah Minang tersebut," katanya. (*)