Unand Laksanakan Wisuda Khusus Program Pascasarjana Pertama Kali

id Unand

Unand Laksanakan Wisuda Khusus Program Pascasarjana Pertama Kali

Ilustrasi wisuda Unand (Antara Sumbar)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat melaksanakan wisuda khusus program pascasarjana dan spesialis pertama kali semenjak penyelenggaraan wisuda di kampus tersebut pada 1960an.

"Ini yang pertama, wisuda dibedakan antara strata satu dan pascasarjana " kata Rektor Unand Prof Tafdil Husni usai melantik 249 wisudawan program Doktor dan Magister Pascasarjana, di Padang.

Dia menyebutkan lulusan dari strata satu dan pascasarjana memiliki banyak perbedaan, selama ini ketika wisuda digabung perbedaan tersebut tidak terlihat.

Perbedaan tersebut kata dia bersifat positif karena tingkat kesulitan studi di program pascasarjana lebih tinggi dari strata satu.

Dia mencontohkan di pascasarjana khususnya Doktor harus melakukan publikasi berskala internasional dan ini perlu diapresiasi.

"Hal tersebut butuh perjuangan karena melakukan penelitian dan upaya publikasi intensif untuk mencapai hal tersebut, dan ini tidak ada di strata satu," kata dia.

Kemudian sebagian besar mahasiswa di pascasarjana merupakan lulusan strata satu yang artinya lebih tinggi dan sebagian juga di antaranya merupakan pejabat pemerintahan atau pengusaha.

"Kesemua itulah yang menjadi pertimbangan untuk memberikan penghargaan tersebut," katanya.

Sementara itu salah satu alumni Pascasarjana Unand Amir Syarifuddin mengatakan wisuda hanya sebatas seremonial yang pentingnya yakni ujian.

Meskipun demikian kata dia, acara wisuda tetap sakral karena memperlihatkan kebanggaan kepada orang tua dan teman tentang prestasi.

Terkait satu atau dua kali kata dia bergantung pada ketentuan kampusnya. (*)