Mentawai akan Bangun Dua Puskesmas

id Pelayanan pasien

Mentawai, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), pada 2017 akan membangun dua pusat kesehatan masyarakat untuk memberikan akses layanan cepat kesehatan kepada masyarakat setempat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmudin Siregar di Tuapejat, Jumat, mengatakan Puskesmas yang akan dibangun tersebut yakni di Dusun Simalibek, Desa Simatalu dan Desa Sigapokna, kecamatan Siberut Barat.

"Puskesmas yang dibangun itu memang untuk daerah terpencil, prioritasnya membuka layanan kesehatan untuk masyarakat pedalaman yang selama ini masih minim terhadap layanan kesehatan," katanya.

Ia mengakui, dua desa yang menjadi target pembangunan Puskesmas tersebut termasuk daerah terpencil dan sudah menjadi daerah dengan kategori tidak diminati karena kondisi geografis yang sulit dijangkau.

Di Siberut Barat katanya, saat ini hanya ada satu unit Puskesmas yang berada di desa Simalegi. Sementara akses, untuk menuju dua desa lainnya, yakni desa Simatalu dan Sigapokna cukup jauh, karena melewati sungai dan perbukitan.

Ia berharap, dengan adanya dua Puskesmas yang dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut dapat memberikan layanan kesehatan yang maksimal dan mempermudah terlaksananya program kesehatan dari pemerintah.

"Pelayanan kesehatan adalah hak setiap masyarakat, pemerintah berkewajiban menghadirkan hal tersebut termasuk untuk daerah pedalaman," katanya.

Terkait dengan tenaga medis yang akan bertugas di Puskesmas yang akan dibangun itu, Lahmuddin mengatakan saat ini pihaknya juga sedang mempersiapkan itu, termasuk alat-alat kesehatan yang menjadi penunjang bagi Puskemas tersebut.

Ia menambahkan, tenaga kesehatan yang akan bertugas di Puskesmas tersebut harus memmiliki integritas yang tinggi dan memahami kondisi geografis daerah, serta mampu beradaptasi dengan masyarakat setempat.

Kata dia, tahun ini juga Pemkab Mentawai melanjutkan pembangunan dua Puskesmas, yakni, Puskesmas Sikakap dan Puskesmas Sarereiket, Kecamatan Siberut Selatan juga menggunakan dana DAK.

Camat Siberut Barat, Hitokoshi Hura menyambut baik adanya program pembangunan dua unit Puskesmas tersebut. Ia berharap, Puskesmas yang baru juga ditunjang dengan peralatan medis yang baik.

"Selain itu ketersedian obat dan tenaga medis juga menjadi hal penting bagi masyarakat agar pelayanan Puskesmas dapat maksimal," katanya. (*)