Bupati Berencana Bangun "Rest Area" di Lengayang

id Hendrajoni

Bupati Berencana Bangun "Rest Area" di Lengayang

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni. (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Hendrajoni berencana membangun "rest area" atau tempat peristirahatan di Kecamatan Lengayang tepatnya di Objek Wisata Pasir Putih.

Ia di Painan, Jumat, mengatakan, rencana pembangunan merupakan upaya menciptakan suasana yang tertib dan rapi.

"Saat ini berdiri puluhan warung yang terdiri dari warung makan hingga warung yang menyediakan minuman ringan lengkap dengan sarana karaoke," ujarnya.

Namun, jelasnya keberadaan warung tersebut belum efektif bahkan sekilas terlihat kumuh dan juga sudah ada laporan masyarakat yang resah dengan aktivitas pengunjungnya.

Agar tertib warung tersebut akan digusur, selanjutnya dibangun kios permanen lengkap dengan bangunan berupa pentas yang menghadap kelaut sehingga pengendara yang akan beristirahat ataupun wisatawan yang datang akan lebih leluasa mengeksplor keindahan laut disana.

"Pasir Putih familiar dengan pasir pantainya yang putih serta memanjang sehingga waktu satu atau dua jam tidak akan cukup menikmatinya, untuk itu kami berencana akan menggusur warung yang ada," katanya.

Selain akan menciptakan suasana yang tertib dan rapi, keberadaan kios permanen juga akan berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) setempat.

"Jadi dengan rencana tersebut kabupaten akan mendapatkan banyak keuntungan mulai dari tempat yang rapi, mendukung sektor pariwisata dan pastinya bertambahnya PAD," ujarnya.

Warga setempat, Ismail menyambut baik upaya kabupaten tersebut, menurutnya rencana itu akan berdampak positif ke kunjungan wisatawan.

"Dengan situasi saat ini saja Pasir Putih tidak pernah sepi wisatawan apalagi jika rencana tersebut terwujud tentu akan banyak lagi wisatawan yang datang," kata dia. (*)