Bayi Kembar Siam Jalani Operasi Pemisahan di M Djamil

id Bayi Kermbar Siam

Bayi Kembar Siam Jalani Operasi Pemisahan di M Djamil

Bayi kembar siam ketika dirawat di RSUD Lubuk Sikaping, Kamis (23/2). (ANTARA SUMBAR/ Riko Saputra) (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Bayi kembar siam dempet dada dan perut asal Tanjuang Baringin, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, akan menjalani operasi pemisahan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M. Djamil Padang.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping, Yong Marzuhaili di Lubuk Sikaping, Jumat, mengatakan untuk penanganan lebih intensif bayi kembar siam tersebut telah dirujuk ke RSUP M. Djamil Padang pada Kamis (23/2).

Pasien dirujuk ke Padang dengan menggunakan ambulance yang disiapkan sebelumnya, di dalamnya ada alat medis berupa inkubator bersama tim medis dari RSUD setempat.

Sementara itu untuk ibu bayi kembar siam tersebut masih menjalani perawatan di RSUD Lubuk Sikaping.

"Untuk waktu operasinya, itu tergantung dari pihak rumah sakit di Padang. Kita mendoakan semoga operasi berjalan lancar dan bayinya sehat," katanya.

Ia mengatakan kondisi pasien sehat dan denyut kedua jantungnya normal.

"Begitu juga paru-parunya. Namun kita belum bisa memastikan alat pencernaannya apakah normal atau tidak. Ini yang akan kita serahkan ke RSUP M. Djamil Padang," ujarnya.

Sebelumnya bayi kembar siam tersebut lahir di ruang operasi RSUD setempat pada Kamis (23/2) sekitar pukul 10.30 WIB, berjenis kelamin perempuan dengan berat badan 4,2 kilogram.

Bayi tersebut merupakan anak pasangan ibu Rahmayani (21) dan ayah Nofiyadri (26) warga Tanjuang Baringin, Kecamatan Lubuk Sikaping. (*)