Dharmasraya Raih Juara Umum Bintang Sains Sumbar

id Bintang Sains Sumbar

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Sekolah di Kabupaten Dharmasraya meraih juara umum dalam ajang adu kecerdasan berpikir dan bernalar atau Bintang Sains bidang ilmu pengetahuan alam dan matematika yang digelar Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Dharmasraya Reno Lazuardi di Pulau Punjung, Kamis, menyebutkan dalam lomba yang digelar pada Rabu (22/2) itu, siswa Dharmasraya berkompetisi dengan sekitar 500 peserta terbaik utusan sekolah seluruh kabupaten/kota di Sumbar.

Dharmasraya memperoleh empat kategori juara dari tingkat sekolah dasar (SD) dan tingkat sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP), ujarnya.

Ia menjelaskan Dhamrmasraya meraih juara II bintang sains tingkat SD diraih siswa SD 2 Pulau Punjung, juara I Tingkat SLTP diraih siswa SLTP 2 Sungai Rumbai, Jaura II diraih Siswa SLTP 1 Sungai Rumbai, dan juara III diraih siswa SLTP unggul Dharmasraya.

Menurutnya kegiatan bintang sains dapat membentuk karakter siswa untuk lebih percaya diri saat tampil di depan umum, serta menumbuhkan jiwa kompetisi karena semua siswa mendapat kesempatan untuk berkompetisi.

"Peserta bintang sains tidak melihat siswa itu pintar di bidang tertentu, semua dapat kesempatan, berbeda dengan olimpiade atau lomba lainnya," ujarnya.

Di sisi lain, menurutnya Bintang Sains akan membentuk kecerdasan bernalar serta memiliki logika berpikir siswa secara luas karena soal yang diberikan panitia lebih pada pengetahuan umum dan kehidupan sehari-hari.

Ia menyebutkan peserta yang mengikuti lomba merupakan juara Bintang Sains tingkat Kabupaten Dharmasraya berapa waktu lalu.

Ia mengemukan kegiatan Bintang Sains tingkat Kabupaten Dharmasraya akan digelar lebih spektakuler lagi tahun depan, meningat banyak dampak positif yang diperoleh siswa dari kegiatan ini.

"Kemarin diikuti sekitar 1.000 peserta, tahun depan kami targetkan lomba bintang sains tingkat Dharmasraya sebanyak 5.000 peserta," ujarnya. (*)