Wali Kota Solok Terima Kunjungan Wali Kota Toyohashi Jepang

id Zul Elfian

Solok, (Antara Sumbar) - Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Zul Elfian menerima kunjungan dari Wali Kota Toyohashi Jepang Koichi Sahara dalam rangka kerja sama kedua daerah tersebut.

Pemerintah kota Solok memiliki kerja sama dengan pemerintah kota Toyohashi Jepang yang berlangsung hingga tahun 2018, dan ini merupakan kunjungan yang kesekian kalinya.

Wali Kota Solok Zul Elfian di Solok, Rabu mengatakan bahwa salah satu kerja sama daerah itu dengan Toyohashi adalah membantu penjernihan air bersih dan tata cara pengelolaan air bersih di Solok.

Di antara persoalan air bersih yang mendasar yang harus diselesaikan adalah terkait dengan ketersediaan air bersih yang memadai yang dilihat dari berbagai aspek yang ada, di antaranya tentang kualitas, kuantitas, dan kontinuitas air bersih.

Ia menyampaikan bahwa akan ada tim Jepang yang akan melihat kondisi air yang kurang jernih di Solok.

Sebelumnya, air kota Solok memang krisis air bersih dan warnanya agak kekuningan, tapi setelah kerja sama dengan Toyohashi air sudah mulai jernih dan lancar penyalurannya.

"Kota Toyohashi memiliki kelebihan dalam bidang pendidikan, tata kota, dan pengelolaan sampah, hal baik tersebut dapat kita tiru untuk kemajuan kota Solok," katanya.a

Kota Toyohashi adalah kota yang terletak di Prefektur Aichi Jepang.

Acara penerimaan Wali Kota Toyohashi disambut dengan tari tradisional, silat, dan musik minang tradisional. (*)