PSSI Berharap Pemain Luar Negeri Seleksi Maret

id PSSI, Seleksi, Timnas

PSSI Berharap Pemain Luar Negeri Seleksi Maret

Suporter timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Banten, (Antara Sumbar) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berharap 12 pemain Indonesia maupun keturunan yang berkiprah di luar negeri bisa mengikuti seleksi kedua tim nasional U-22 yang diadakan pada 1-3 Maret 2017.

"Seharusnya mereka sudah bisa ikut pada bulan Maret," ujar Direktur Hubungan Internasional dan Media PSSI Hanif Thamrin di Tangerang, Banten, Selasa.

Hanif melanjutkan, ke-12 orang pemain tersebut datang berdasarkan surat undangan yang diberikan PSSI melalui Kedutaan Besar Indonesia di negara-negara tujuan.

PSSI sendiri masih enggan mengungkapkan lebih lanjut mengenai rincian nama-nama dan di klub mana para pemain tersebut berkiprah.

Namun, para pemain tersebut sudah dipastikan ada di empat negara yaitu Qatar, Belanda, Belgia dan Italia. Selain mengisi posisi di timnas U-22 yang dilatih Luis Milla, beberapa dari pemain itu juga akan diseleksi untuk timnas U-19 asuhan Indra Sjafri.

Untuk timnas U-22 yang tampil di SEA Games 2017, Hanif menuturkan, pelatih Luis Milla membutuhkan pemain naturalisasi di tiga posisi yaitu penyerang, bek tengah dan penjaga gawang.

Khusus kiper, Milla sepertinya masih mempertimbangkan pilihannya menggunakan jasa pemain naturalisasi.

"Untuk kiper, dimaksimalkan dulu potensi dari dalam negeri. Kalau memang tidak ada yang cocok, ya harus dicari dari luar," kata Hanif sembari menambahkan pemain berpaspor non-Indonesia yang lolos seleksi akan segera diberikan rekomendasi naturalisasi oleh PSSI.

Adapun PSSI sudah melakukan seleksi perdana timnas U-22. Kegiatan itu berlangsung pada 21--22 Februari 2017 dan diikuti 25 pemain pilihan Luis Milla. Hari pertama, Selasa (21/2), kegiatan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB.

Sementara untuk Rabu (22/2) Februari diadakan dua sesi yaitu pagi mulai pukul 08.00 WIB dan sore pukul 16.00 WIB. Di hari Kamis (23/2), kegiatan berawal pukul 16.00 WIB.

Direncanakan PSSI akan menggelar tiga kali seleksi demi menemukan skuad mumpuni untuk memenuhi target emas SEA Games 2017. (*)