Dinkes : Pemahaman PHBS Penting Cegah DBD

id DBD

Dinkes : Pemahaman PHBS Penting Cegah DBD

()

Padang, (Antara Sumbar) - Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat (Sumbar) Merry Yulieday, mengatakan bahwa pemahaman masyarakat pada pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat mencegah berjangkitnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yanng pada 2016 terdapat 3.985 kasus.

"Salah satu PHBS yakni peduli terhadap kebersihan lingkungan baik di dalam ataupun luar rumah hal ini berguna untuk mencegah terjadinya DBD. Karena virus Dengue itu dibawa melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypty," katanya, di Padang, Minggu.

Dia mengatakan bentuk perilaku PHBS selain memperhatikan kebersihan lingkungan, yakni menjaga kesehatan dengan makanan yang mengadung asupan gizi lengkap dan seimbang.

Kemudian meminum vitamin jika diperlukan, dalam rangka meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah diserang penyakit

Sebagai langkah antisipasi Merry mengatakan, pihaknya pada 2017 akan terus menggiatkan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahayanya DBD.

Selain itu, juga akan dilakukan pemaksimalan fungsi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada, sebagai pihak yang melakukan pengananan langsung terhadap DBD.

"Kami akan lengkapi sarana prasarana Puskesmas, serta terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada," katanya.

Dia berharap dengan melakukan upaya sederhana sejak dini tersebut jumlah kasus penderita DBD itu yang juga menyebabkan 18 orang meninggal dunia bisa dikurangi di masa depan. (*)