Senin, 23 Oktober 2017 - 3 Safar 1439 H

Pamsimas Suplai Air Bersih 40 Rumah Warga

PEMBAGIAN AIR BERSIH ()
Batusangkar, (Antara Sumbar) - Program Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dapat menyuplai air bersih ke 40 rumah warga di Jorong Tanjung Gadang, Nagari Simabur, Kecamatan Pariangan, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Pemda mengharapkan warga dapat memanfaatkan dan memelihara sarana air bersih ini dengan baik dan bagi warga yang belum teraliri air ini diminta bersabar menunggu giliran, kata Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat peresmian sarana Pamsimas di Nagari Simabur, Minggu.

Ia menyebutkan pemda akan terus mencari peluang dana guna mempercepat perluasan program Pamsimas ini dan meminta dukungan pendampingan manajemen pengelolaan air bersih dari pihak PDAM setempat.

"PDAM hendaknya membantu warga dalam pengelolaan air bersih sehingga biaya operasional seperti biaya beban listrik dapat dipenuhi," katanya.

Sementara itu Wali Nagari Simabur, Irsyad Datuk Malano mengatakan program air bersih ini merupakan kelanjutan dari Pamsimas yang sempat terkendala beberapa waktu lalu, namun berkat partisipasi masyarakat akhirnya dapat dilanjutkan kembali.

"Kita menempatkan mesin pompa air di dekat sumber air di Masjid Makmur Simabur agar bisa mengaliri air bersih ke rumah-rumah yang berada di ketinggian berjarak lebih kurang 500 meter dari sumber air tersebut," katanya.

Ia menyebutkan saat ini masih ada 30 rumah lagi yang meminta untuk dialiri air bersih tersebut dimana sebelumnya terpaksa membeli air bersih untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

"Sarana air bersih ini menelan dana sebesar Rp111 juta yang berasal dari dana nagari dan masyarakat sangat bersyukur adanya sarana ini," katanya. (*)







Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga