Siswa SMP Ikuti Dua Kali Simulasi UNBK

id UNBK

Siswa SMP Ikuti Dua Kali Simulasi UNBK

Seorang siswa SMKN 1 Solok Selatan, Sumatera Barat, mengerjakan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Selasa (5/4). (ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Sebanyak 2.864 siswa SMP di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, akan mengikuti dua kali simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, Almisri di Bukittinggi, Sabtu, mengatakan pelaksanaan simulasi dilakukan seperti ujian yang sebenarnya berlangsung.

"Simulasi ini sebagai salah satu persiapan dan dikondisikan seperti ujian yang sebenarnya agar nanti para peserta ujian tidak canggung karena sudah mengetahui langkah dan suasana ujian," katanya.

Ia menyebutkan simulasi pertama dijadwalkan pada 27 dan 28 Februari 2017 dan simulasi ke dua sekaligus gladi bersih dijadwalkan 20 sampai 21 Maret 2017

Sebanyak 17 sekolah di daerah itu akan mengikuti UNBK terdiri dari 10 SMP dan MTS negeri dan tujuh SMP dan MTS swasta bekerjasama dengan 11 SMA swasta dan negeri sebagai sekolah induk.

Selain persiapan bagi para siswa, pemerintah setempat juga melakukan persiapan terhadap proktor dan teknisi komputer dari sekolah induk dan sekolah peserta UNBK berupa sosialisasi pengawasan dan tugas selama ujian berlangsung untuk kelancaran UNBK.

"Dengan persiapan yang dilakukan kami berharap UNBK dapat berlangsung tanpa gangguan untuk mencapai target integritas karena kecil kemungkinan terjadi siswa menyontek atau soal bocor," katanya.

Sementara Ketua Komisi II DPRD setempat Rismaidi mengatakan agar persiapan UNBK tidak hanya dilakukan dari sisi penguasaan materi ujian bagi para siswa peserta UNBK.

"Kami harap pihak sekolah dan orangtua juga memberi arahan bagi siswa agar dapat mengatur waktu belajar dan istirahat dengan baik supaya berada dalam kondisi baik saat mengikuti ujian," ujarnya. (*)