1.473 Orang Bisa Masuk Unand Lewat Jalur Mandiri

id Tafdil Husni

1.473 Orang Bisa Masuk Unand Lewat Jalur Mandiri

Rektor Unand, Prof Tafdil Husni. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, menyiapkan kursi sebanyak 1.437 orang mahasiswa yang akan masuk melalui jalur tes tulis mandiri pada tahun ini.

"Jumlah ini tiga puluh persen dari 5.130 orang mahasiswa yang akan diterima tahun ini di Unand," kata Rektor Unand Prof Tafdil Husni di Padang, Sabtu.

Dia menyebutkan program studi terbanyak bidang Sains dan Teknologi yang menerima mahasiswa jalur mandiri ini yakni peternakan sebanyak 105 orang sedangkan untuk Sosial Humaniora yakni Prodi Ilmu Hukum sebanyak 80 orang.

Dia mengatakan jalur mandiri ini akan dibuka setelah ada pengumuman mahasiswa masuk lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sekitar Bulan Mei mendatang.

Keduanya, kata dia, mengalokasikan 70 persen penerimaan mahasiswa.

"Terkait peraturan dan prasyarat akan lebih menyerupai SBMPTN karena merupakan tes tertulis," katanya.

Yang membedakan, sebut dia, yakni pada pembayaran sistem Uang Kuliah Tunggal yang diterapkan level tertinggi sesuai pilihan program studinya.

Sedangkan semua fasilitas dan sistem pembelajaran akan disamakan dengan sistem masuk mahasiswa lainnya," ujarnya.

Kemungkinan besar nantinya Unand akan bergabung dengan kampus lain di Indonesia dalam menyelenggarakan ujian jalur mandiri tersebut, sebagaimana tahun lalu.

Sementara itu salah satu mahasiswa di Unand Fika Sri mengatakan dengan adanya tiga penerimaan ini memberikan kesempatan calon mahasiswa bersaing masuk Unand.

Artinya, kata dia, bila gagal masuk SNMPTN ada SBMPTN bila gagal juga masih ada Mandiri.

"Dengan begitu persaingan akan lebih adil dan terbuka," ujarnya. (*)