Agam Siapkan Rp207 Miliar Bangun Infrastruktur

id Infrastruktur

Agam Siapkan Rp207 Miliar Bangun Infrastruktur

Ilustrasi perbaikan jalan. (Antara) ()

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengalokasikan dana sebesar Rp207 miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 untuk membangun infrastruktur di daerah itu.

Sekretaris Dinas Pekerja Umum Agam, Azizi Fauzi di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan, dana sebesar Rp207 miliar ini digunakan untuk 34 kegiatan dari 14 program.

"Dana ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) penugasan dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan, ke 34 kegiatan itu yakni, pembangunan gedung kantor dengan dana Rp24,9 miliar, pembangunan jalan dan jembatan sebesar Rp11,7 miliar.

Lalu, peningkatan dan pemeliharaan jalan sebesar Rp102 miliar, pengembangan dan pengolahaan jaringan irigasi sebesar Rp30 miliar.

Selain itu, penyediaan sarana dan prasarana air minum bagi masyarakat berpenghasilan rendah sebesar Rp4 miliar, pembangunan jalan dan jembatan pedesaan sebesar Rp14 miliar dan lainnya.

"Saat ini sebagian pekerjaan dalam proses tender di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE)," katanya.

Ia mengakui, dana untuk membangun infrastruktur pada 2017 ini lebih besar dibandingkan 2016 dengan dana Rp159 miliar.

"Pada tahun lalu pekerjaan berjalan dengan baik sesuai dengan kontrak," katanya.

Anggota DPRD Agam, Jondra Marjaya berharap dinas terkait melakukan pengawasan selama pekerjaan berlangsung, agar mutu dari pekerjaan itu sesuai dengan kontrak kerja sehingga masyarakat akan menikmati.

"Ini yang kita harapkan agar dana yang dialokasikan itu dimanfaatkan masyarakat," katanya. (*)