Kamis, 23 Februari 2017 - 27 Jumadil Awwal 1438 H

Jumlah Peserta UN SLTP Padang 15.326 Siswa

Ujian Nasional. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Padang, (Antara Sumbar) - Jumlah peserta Ujian Nasional (UN) 2017 setingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) sebanyak 15.326 siswa.

Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Padang, Ramson di Padang, Jumat, mengatakan jumlah tersebut terdiri atas siswa yang mengikuti UN Berbasis Komputer (UNBK) dan berbasis kertas.

"Terdiri dari 91 sekolah penyelenggara UN," katanya.

Sementara itu, untuk UNBK hanya 14 sekolah yang akan mengikuti dengan empat sekolah penyelenggara dan 10 sekolah yang bergabung.

Sekolah yang menjadi penyelenggara tersebut adalah SMPN 1 Padang, SMPN 8 Padang, SMP Islam Al-Azhar dan SMP IT Adzkia.

Sedangkan, sekolah yang bergabung yaitu SMPN 2 Padang, SMPN 7 Padang, SMPN 11 Padang, SMPN 24 Padang, SMPN 25 Padang, SMPN 30 Padang, SMPN 31 Padang, SMPN 33 Padang, SMP Adabiah, dan SMP Pembangunan Lab School Padang.

Sementara itu, untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), katanya berdasarkan hasil pertemuan dengan pihak Kemenag, belum siap dalam pelaksanaan UNBK dan tetap ujian dengan menggunakan kertas.

Ia mengatakan pelaksanaan UNBK di Padang, baru pertama kali di tahun 2017 sehingga diperlukan persiapan yang matang serta menyiasati kekurangan fasilitas dalam pelaksanaannya, seperti komputer.

Untuk menyiasati kekurangan fasilitas komputer akan dilakukan pemakaian komputer SMA atau SMK, hal itu karena SMA/SMK lebih dulu menyelenggarakan UNBK dibandingkan tingkat SLTP.

Ia berharap pelaksanaan UN dapat berjalan dengan lancar dan siswa mendapatkan hasil yang maksimal.

Pelaksanaan ujian nasional untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkap Pertama (SLTP), gelombang pertama pada 2, 3, 4 dan 15 Mei, sementara gelombang dua 8, 9, 10 dan 16 Mei 2017.

Sedangkan, untuk tingkat SMK akan dilaksanakan pada 3 hingga 6 April 2017 dan SMA pada tanggal 10 hingga 13 April 2017. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
          Editiawarman pulang menghadiri pesta pernikahan seorang sahabat, tiba di jalan utama Balai ...
Baca Juga