UMMY Solok Bisa Tampung 1.000 Mahasiswa Baru

id Kampus UMMY Solok

UMMY Solok Bisa Tampung 1.000 Mahasiswa Baru

Kampus UMMY Solok. (Antara)

Solok, (Antara Sumbar) - Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok, Sumatera Barat, memiliki daya tampung sekitar 1.000 mahasiswa untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2017-2018.

Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan UMMY Solok, Ismail Arifin, di Solok, Jumat, mengatakan pihaknya terus mengupayakan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa dimana pada 2016 hanya sekitar 300 mahasiswa baru yang mendaftar.

Ia berharap tahun ajaran 2017-2018 mahasiswa baru UMMY Solok akan lebih banyak, karena ada pergantian pejabat di lingkungan kampus yang diharapkan membawa semangat baru.

Dalam proses penerimaan mahasiswa baru, UMMY Solok melakukan seleksi tiga gelombang, dimana gelombang I mulai pendaftaran pada 3 April hingga 30 Juni 2017.

Gelombang II mulai 3 Juli hingga 8 September 2017, dan gelombang III pada 11 September, sementara perkuliahan dimulai pada akhir September 2017.

Ia menerangkan penerimaan mahasiswa baru UMMY Solok hanya satu jalur dan seleksi dilakukan pada beberapa mata pelajaran.

Tim promosi juga sudah turun ke sekolah-sekolah sasaran yang berada di Kabupaten Solok, Solok Selatan, Sijunjung, Dharmasraya, Sawahlunto, dan Tanah Datar.

Ia menyampaikan UMMY Solok memiliki empat fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Ekonomi (Fekon), dan Fakultas Hukum (FH)

Untuk membantu mahasiswa UMMY Solok menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi seperti beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), dan beasiswa kurang mampu seperti Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA).

"Pada 2016 diberikan sebanyak 25 mahasiswa dari berbagai jurusan. Beasiswa tersebut merupakan bantuan dari Dikti melalui Kopertis," katanya. (*)