Pemkot Padang Dorong Pauh-Unand Kembangkan Potensi Kecamatan

id Mahyeldi Ansharullah

Pemkot Padang Dorong Pauh-Unand Kembangkan Potensi Kecamatan

Walo Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mendorong Kecamatan Pauh dan Universitas Andalas (Unand) mengembangkan potensi wisata, ekonomi dan kesehatan di daerah tersebut.

"Unand memiliki banyak tenaga ahli dan sumber daya yang berkompeten, Pauh memiliki sarana yang mumpuni, tinggal saja menjalin sinergi," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah di Padang, Jumat.

Dia menerangkan keberadaan Unand di Kecamatan Pauh menjadi kentungan pemerintah setempat untuk bekerja sama.

Kerja sama ini dapat terjalin misal Fakultas Pertanian beserta ahlinya menggali potensi pertanian yang ada seperti membuka lahan untuk palawija atau kebun buah, termasuk menciptakan produksi pertanian yang berkualitas unggul, dan sebagainya.

Kemudian, Unand memiliki Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakitnya dapat dikembangkan dalam kerja sama sosialisasi terkait Kartu Indonesia Sehat, BPJS dan beberapa sistem kesehatan lainnya, termasuk ke dalamnya penyuluhan kesehatan ke puskesmas.

"Pemerintah setempat juga bisa mendorong dan bekerja sama dengan Unand terkait pembukaan lapangan kerja seperti menginisiasi pembentukan usaha kecil menengah," kata dia.

Selain itu dalam bidang pariwisata potensi yang ada di Pauh yakni gugusan alam dapat dikembangkan lebih lanjut melalui bantuan ahli ekonomi, biologi atau budaya di Unand.

"Bila ini berjalan lancar dan berkelanjutan, akan mempererat sinergitas perguruan tinggi dengan pemerintah daerah," ujarnya.

Sementara itu Rektor Unand Prof Tafdil Husni mengatakan akan meningkatkan peranan masyarakat sekitar Kecamatan Pauh dalam membangun daerahnya.

Sebagai gambaran saat ini, kata dia pihaknya telah membuka jalur di Limau Manis, dan perbaikan jalan menuju kampus.

Disamping itu pihaknya juga mendorong akademisi dan mahasiswa melaksanakan pengabdian masyarakat di wilayah Pauh. (*)